16 Orang Wakil Jateng Ikut Seleknas Asean Skill Competition

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sedikitnya 16 orang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Seleksi Nasional (Seleknas) ajang Asean Skill Competition.

Sebelumnya, mereka merupakan peserta yang telah lolos seleksi tingkat Provinsi dalam ajang yang diselenggarakan oleh Disnakertrans Jateng.

Kepala Disnakertrans Jateng, Wika Bintang, mengatakan Asean Skill Competition merupakan ajang mempromosikan pengembangan lembaga pendidikan kejuruan dan pelatihan kerja serta meningkatkan profesionalisme kerja bagi angkatan muda di negara-negara anggota Asean.

Dia menerangkan Seleknas akan dilaksanakan di Jakarta pada Agustus 2019. Bagi yang lolos seleknas, lanjutnya, akan mengikuti seleksi tingkat Asean pada bulan Juli 2020 bertempat di Singapura.

Wika menambahkan, dari delapan kejuruan yang dikompetisikan, lima diantaranya merupakan kejuruan baru.

Terdiri dari kejuruan fashion technology, beauty therapy, hair dressing, mechatronics, electronics, mechanical engineering CAD, refrigeration and air conditioning, dan IT software solution for bussines.

“Pesertanya adalah alumni SMK atau mahasiswa semester II karena usia dibatasi maksimal 20 tahun,” kata dia, Senin (24/6).

Menurut Wika, peserta dari Jawa Tengah dapat menyelesaikan passing grade pada tujuh kejuruan. Dia menilai, satu passing grade yang kurang dari target adalah IT Software solution for Bussines.

Passing grade-nya 65 poin. Sedangkan perolehan nilai kita hanya 41,98,” imbuh dia.

Dia melanjutkan, dari 24 anak, yakni juara 1-3, yang lolos masuk ke seleknas sebanyak 16 orang dari tujuh Kejuruan.

Wika mengatakan pada Asean Skill Competition sebelumnya, Jateng mengirim tujuh orang dan memperoleh dua emas, dua perak dan satu perunggu. [jie/rmoljateng]