Karakter Warga Jateng Dukung Kenyamanan Berinvestasi

oleh

SURAKARTA, RAKYATJATENG – Masyarakat diminta terus mengedepankan karakter yang baik dalan keseharian. Sebab, hal itu menjadi modal penting untuk menarik investor.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebutkan para investor berbondong-bondong memilih Jateng sebagai tempat untuk mengembangkan usahanya. Investor mengaku hak itu karena warga Jateng menyenangkan. Kalau pun marah hanya sebentar, kemudian baik lagi. Namun, warga Jateng yang dikenal sopan, rajin, nerima, bukan berarti tidak berani.

“Kita ini punya social capital yang bagus, masyarakatnya mendukung, karakternya, grapyak, semanak. Membuat orang mau datang. Maka kenyamanan ini menjadi modal untuk mengundang para investor. Sehingga, mau menumbuhkan ekonomi dan melibatkan banyak kepentingan,” katanya saat menjadi keynote speaker High Level Meeting and Capacity BuildingKabupaten/ Kota se-Jateng, yang diselenggarakan Bank Indonesia di Hotel Alila, Senin (17/6).

Dalam kegiatan bertema “Mendorong Investasi Serta Daya Saing Daerah” itu, Ganjar berharap, Bank Indonesia bisa menangkap potensi daerah yang ada. Bank Indonesia bisa membagi per sektor, menghitung kuantitas, tata cara, membagi kabupaten, provinsi, pusat, PMDN, PMA, serta skema-skema pembiayaan.

“Sehingga, kita punya hitungan detail. diakumulasikan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tujuh persen. Sampai apa enggak ya? Dengan kondisi karakter yang baik, mudah-mudahan menelurkan hasil yang tidak menyinggung perasaan, nyaman. Dan tentu, ekonomi bertumbuh,” harapnya.

(hms)