11 Smartphone Xiaomi Bisa Cicipi Android Q Lebih Awal

oleh
Ilustrasi: logo Android Q, sistem operasi Android terbaru. (GSMArena)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sistem operasi atau OS Android yang identik dengan robot berwarna hijau kini memasuki generasi ke-10. Merunut penamaan yang mengikuti huruf alfabet, generasi kesepuluh OS Android akan memiliki awalan huruf Q atau Android Q.

Menyoal Android Q, perusahaan seperti Huawei, Google, dan OnePlus memiliki perangkat yang sudah mendapatkan Android Q Beta. Kini giliran Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel yang akan menerima OS tersebut. Setidaknya ada 11 smartphone Xiaomi yang bisa mencicipi Android Q lebih awal karena mengikuti program Android Q Beta.

Sebagaimana dikutip dari GSMArena, Senin (17/6), baru-baru ini perusahaan asal Tiongkok itu mem-posting daftar 11 smartphone yang akan ambil bagian dalam program beta Android Q. Tak langsung 11 smartphone bisa menjajal Android Q, sembilan dari smartphone Xiaomi dijadwalkan untuk mendapatkan Android Q pada Q4 2019, sementara dua lainnya akan mendapatkannya antara Januari dan Maret tahun depan atau Q1 2020.

Menariknya lagi, smartphone Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro tiba lebih awal dari sebagian besar flagships yang terdaftar, justru malah ditunda. Rupanya, waktu peluncuran tidak ada hubungannya dengan itu. Xiaomi tampaknya bertaruh pada seri andalan Mi dan Mi Mix untuk mencicipi OS Android baru pertama.

Pada akhir Mei, Redmi K20 Pro juga telah muncul pada program Android Q Beta dengan langkah-langkah cara menginstalnya dan bug apa yang ditemukan. Kini pengumuman dari Tiongkok berbicara secara khusus tentang integrasi MIUI dengan OS Android tersebut. Artinya, seri unggulan Redmi siap untuk Android Q.

Berikut daftar 11 smartphone Xiaomi yang siap menjajal Android Q perdana melalui program Android Q Beta:

Xiaomi Mi 9
Xiaomi Mi 9 SE
Xiaomi Redmi K20
Xiaomi Redmi K20 Pro
Xiaomi Mi 8
Xiaomi Mi 8 Pro
Xiaomi Mi 8 Explorer
Xiaomi Mi Mix 2S
Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Redmi Note 7
Xiaomi Redmi Note 7 Pro

(JPC)