Jaga Kebugaran, Ratusan Pamen Kodam Diponegoro Gelar Gowes

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Banyak cara menjaga badan tetap sehat dan bugar. Salah satunya dengan bersepeda santai atau yang sering diistilahkan gowes.

Selain untuk meningkatkan kekuatan, gowes juga dinilai sangat baik untuk mengendalikan berat badan, agar tidak terjadi obesitas, mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Terlebih setelah sebulan menjalankan ibadah puasa yang diikuti dengan mengkonsumsi makanan berlemak kala Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, ratusan Pamen Kodam IV/Diponegoro menggelar gowes bersama untuk menjaga kebugaran tubuh dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer.

Gowes yang dipimpin Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, diikuti oleh Irdam, Danrem 073/Makutarama, Kapok Sahli, para Staf Ahli, Asisten dan Kabalakdan IV/Diponegoro.

Tak hanya itu, gowes dengan rute Yonkav 2/Turangga Ceta-Banyubiru-Muncul-Tuntang-Ambarawa dan finish di Mako Yonkav 2/Turangga Ceta itu juga diikuti sejumlah klub gowes masyarakat sekitar Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, yang ikut gowes menuturkan, selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan, olahraga ini juga sebagai sarana rekreasi alam bagi para prajurit.

Termasuk ajang untuk menjalin tali silahturahmi dan memperkuat rasa kekeluargaan serta kebersamaan baik sesama anggota TNI maupun dengan masyarakat sekitar.

“Kita kembalikan kondisi fisik prajurit agar memiliki fisik yang prima setelah sebulan berpuasa dan kita hilangkan lemak tak jenuh akibat dari konsumsi opor, rendang, mete dan makanan berlemak lainnya saat Lebaran kemarin,” katanya, Jumat (14/6). (sen)