Catat, Penerimaan Siswa Baru SMP Mulai Awal Juli

oleh
LIHAT – Para siswa sedang melihat papan pengumuman PPDB. (MALEKHA/RP)

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekalongan akan digelar awal bulan Juli 2019. PPDB SMP 2019 ini melalui daring/online melalui website PPDB Online http://ppdb.dindik.pekalongankota.go.id.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan, Drs Sugiyo, saat ditemui di kantornya di Jalan Maninjau Kota Pekalongan, Kamis (13/6).

Giyo menyampaikan bahwa laman akan dibuka pada 1 Juli 2019 dan baru digunakan untuk pendaftaran pada 2-4 Juli 2019. Kuota peserta didik baru untuk SMP Negeri sebanyak 3.104 siswa dan SMP Swasta sebanyak 1.856 dengan jumlah keseluruhan 4.960 yang diperkirakan dapat menampung lulusan SD/MI di Kota Pekalongan.

“PPDB yang dikelola oleh Dindik Kota Peklaongan adalah TK, SD, dan SMP karena untuk SMA dan SMK menjadi kewenangan provinsi. PPDB tahun 2019 ini pada dasarnya sistemnya sama tetapi tahun ini tidak menggunakan nilai sebagai dasar melainkan melaui tiga jalur yakni jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur mutasi atau perpindahan orang tua,” papar Giyo.

Diterangkan Giyo, dengan sistem zonasi ini sekolah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zonasi terdekat dari sekolah. Hal ini untuk meratakan akses mutu pendidikan, mencegah adanya diskriminasi anak yang tidak diterima sekolah karena sekolah favorit.

“Jalur dengan sistema zonasi ini maksimal 90% kemudian sebanyak 5% memalui jalur prestasi dan 5%nya lagi jalur mutasi. Siswa yang memilih jalur prestasi harus melampirkan bukti berupa sertifikat prestasi di tingkat kota, provinsi, atau nasional,” jelas Giyo.

Setiap calon peserta didik baru yang telah mendaftar wajib melakukan verifikasi yakni verifikasi kartu keluarga/surat keterangan domisili dari RT/RW bagi jalur zonasi, verifikasi titik koordinat /jarak calon peserta didik, serta verifikasi sertifikat atau piagam prestasi dan dokumen pendaftaran. (mal/RP)