Lebaran Kupatan, Warga Gelar Kirab Bulusan, Dihadiri Bupati dan Wabup

oleh

KUDUS, RAKYATJATENG – Warga Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya bulusan warga, Rabu (12/6).

Proses kirab dimulai dari SD 4 Hadipolo kemudian berjalan sekitar satu kilo menuju kompleks makam Mbah Dudo.

Dalam kirab tersebut diikuti oleh sembilan peserta yang berasal dari masing-masing RT di Dukuh Sumber Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo.

Turut hadir dalam kirab budaya tersebut Bupati dan Wakil Bupati Kudus, HM Tamzil dan Hartopo, pejabat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Kudus, unsur Muspika Kecamatan Jekulo, Kades Hadipolo, serta ribuan masyarakat.

Bupati Kudus HM Tamzil saat sambutan memberikan apresiasi kepada pihak desa yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, tradisi bulusan ini sudah ada sejak lama.

Sudah turun temurun dari zaman wali hingga zaman sekarang.

“Tradisi ini beda dengan tradisi yang ada di daerah lain. Ini memiliki khas sendiri,” ungkapnya.

Ia berharap agar tradisi bulusan tersebut dapat dilestarikan. Kedepan kegiatan ini dapat memberi semangat kepada masyarakat. Supaya tradisi ini tidak hanya dari Kudus untuk datang ikut merayakan festival bulusan tersebut.

Kepala Desa Hadipolo, Wawan Setiawan mengatakan, kirab budaya bulusan ini dimulai dari depan SD 4 Hadipolo kemudian berjalan menuju kompleks makam Mbah Dudo.

Diikuti sembilan RT yang ada di Dukuh Sumber. Ini khusus disini Dukuh Sumber saja. “Tahun ini lebih meriah. Karena masyarakat antusias mengikuti tradisi ini,” pungkasnya. [hen/rmoljateng]