Kapolda Ungkap Identitas Terduga Pelaku Bom Kartasura, Rumahnya Sudah Digeledah

oleh
Lokasi dugaan bom bunuh diri di Sukoharjo. (net)

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Ledakan di depan pos pantau mudik Lebaran pertigaan Tugu Kartasura dipastikan berasal dari bom. Bahkan, pelaku sendiri yang meracik bom tersebut.

Hal itu berdasarkan hasil penyelidikan polisi di lokasi kejadian dan rumah terduga pelaku di Dusun Kranggan Kulon, RT 01 RW 2, Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa dini hari (4/6/2019).

“Bom itu meledak tepat di pintu masuk Pospol Satlantas Polres Sukoharjo di pertigaan Tugu Kartasura, Sukoharjo. Satu orang jadi korban yang juga diduga sebagai pelaku itu sendiri,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel usai meninjau lokasi kejadian, Selasa (4/6).

Pelaku mengalami luka parah pada bagian perut akibat terkena bahan peledak dan serpihan. Pelaku masih hidup dan kritis.

“Sesuai prosedur penyelidikan, kami sedang olah tempat kejadian perkara untuk menentukan jenis bahan peledak, komposisi, dan profil pelaku,” kata dia.

Kapolda menyebut pada saat kejadian ada tujuh anggota satlantas yang mengatur lalin di pertigan tugu Kartasura yang menghubungkan antara Solo-Jogja-Semarang. Tiga orang turun di lapangan mengatur lalin. Empat orang berada di dalam pospol satlantas saat terjadi ledakan bom.

“Pelaku berinizial RA. Kami telah geledah rumah pelaku dan berhasil mengamankan beberapa barang yang akan kami selidiki lebih lanjut keterkaitannya dengan lokasi kejadian,” kata Rycko. (rs/wid/per/JPR/jpnn)