Bantu Obati 4 Penyakit Ini dengan Rutin Minum Teh Kapulaga

oleh
Teh kapulaga dipercaya bisa mengatasi masalah pencernaan. (Shutterstock)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kapulaga adalah rempah yang paling banyak digunakan pada menu Timur Tengah atau India. Rasanya yang khas dengan aroma yang kuat, membuat kapulaga memberikan cita rasa berbeda pada tiap menu.

Tapi, kapulaga juga bisa dicampur ke dalam minuman lho. Seperti teh khas Timur Tengah. Terkadang ditambahkan dengan susu untuk menambah rasa.

Kapulaga memiliki aroma yang sangat kuat dibanding rempah-rempah lainnya. Aroma kuat ini berasal dari minyak yang ada dalam biji rempah-rempah tersebut. Manfaat kapulaga bagi kesehatan karena mengandung terpinine, borneol, eucalyptol, camphor, dan limonene.

Teh kapulaga biasanya dibuat dengan menghancurkan biji dan merebusnya dalam air untuk melepaskan minyak atau sarinya. Apa saja khasiatnya sebagai obat seperti dilansir dari Live Strong, Minggu (2/6).

Obat Pencernaan

Menurut Encyclopedia of Natural Medicine, pengobatan tradisional telah menggunakan kapulaga sebagai obat pencernaan selama berabad-abad. Selanjutnya, Pusat Medis Universitas Maryland mencantumkan kapulaga sebagai obat herbal untuk mengobati cacing di usus Anda. Namun, tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kapulaga sebagai pengobatan herbal untuk cacingan. Kapulaga termasuk obat untuk perut kembung, mulas, sakit perut, gangguan pencernaan dan kram.

Obat Detoksifikasi Racun

Keracunan dalam tubuh dapat terjadi sebagai akibat dari apa yang dikonsumsi dan juga sebagai akibat dari lingkungan tempat. Teh kapulaga dapat menghilangkan racun itu. Menurut Encyclopedia of Natural Medicine, teh kapulaga dapat membantu tubuh membuang racun. Sebab racun dapat menghambat fungsi tubuh. Teh kapulaga dapat bermanfaat bagi sistem peredaran darah dan pencernaan di samping ginjal dan hati Anda.

Obat Flu dan Sinus

Penggunaan kapulaga dapat membantu meringankan gejala dada yang sesak dan sinus. Kapulaga mengandung minyak kapur barus. Maka membuat secangkir teh kapulaga panas akan melepaskan minyak kapur barus dan membantu mengurangi hidung dan tenggorokan yang tersumbat.

Obat Pereda Nyeri

Kapulaga memiliki beberapa manfaat tambahan. Khasiat teh kapulaga juga dapat meringankan gejala halitosis, tidak hanya di mulut tetapi juga di perut. Perempuan juga dapat menggunakan kapulaga sebagai pereda nyeri ringan untuk mengatasi gejala pramenstruasi (PMS).

Catatan: Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengosumsi teh herbal kapulaga. Terlebih jika Anda sedang ruitn minum obat.

(JPC)