Sudah Cair, Rp38,5 M untuk Bayar THR ASN Pemkab Pekalongan

oleh
Ilustrasi: net

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Wajah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pekalongan tampak sumringah, Jumat (24/5) lalu. Sebanyak 8.872 orang PNS mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Lebaran 2019. Total anggaran untuk alokasi THR ASN di Kabupaten Pekalongan mencapai Rp 38,5 miliar lebih.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pekalongan Indriya Madyawati, mengatakan, gaji ke-14 atau pemberian THR untuk PNS mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Bagi PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. Disebutkan, komponen gaji ke-14 atau THR adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau fungsional umum.

DPRD, kata dia, juga mendapat gaji ke-14, dengan komponen uang representasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.

“Untuk pencairannya, sesuai dengan tindak lanjut dari PP, maka pemda menyusun perda yang difasilitasi oleh provinsi. Kabupaten Pekalongan sudah dapat rekomendasi dari Gubernur. SK ditetapkan tanggal 22 Mei, maka sesuai dengan PP THR dicairkan tanggal 24 Mei,” terang dia.

Disebutkan, THR masuk langsung ke rekening ASN di Kabupaten Pekalongan. Berbeda dengan gaji bulanan yang biasanya dipotong untuk cicilan kredit dari pihak bank bagi PNS yang memiliki hutang atau pinjaman, maka ASN akan mendapatkan besaran THR 100 persen tanpa potongan apapun.

“Ini gelontong diterima sepenuhnya oleh PNS. Jika gaji bulanan biasanya kan ada potongan dari pihak bank untuk bayar cicilan hutang atau pinjaman, THR utuh 100 persen,” katanya.

Diterangkan, total nilai THR untuk ASN di Kabupaten Pekalongan mencapai Rp 38,5 miliar, dengan jumlah PNS sebanyak 8.872 orang. Digambarkan, untuk ASN golongan terendah, yakni golongan 1 mendapatkan THR sekitar Rp 2,7 juta ditambah TPP sekitar Rp 900 ribu. Sebab, di Kabupaten Pekalongan ASN mendapatkan THR plus TPP.

Untuk TPP sendiri, kata dia, alokasi anggarannya sekitar Rp 5 miliar. “THR plus TPP dibayarkan serentak (24/5) atau H-10. Langsung ke rekening masing-masing ASN,” ujar dia. (ap5/rp)