Roasted Lamb, Menu Buka Puasa dengan Rasa Kambing yang Mewah

oleh
Roasted Lamb, daging kambing panggang untuk menu buka puasa. (JPC)

JAKARTA, RAKYATJATENG – Daging kambing atau domba banyak diminati masyarakat sebagai pengganti daging sapi. Rasanya yang khas dengan kaya protein bisa menjadi menu yang pas untuk buka puasa. Jika bosan menyantapnya daging kambing berkuah, cobalah memasakannya dengan cara dipanggang.

Resep Roasted Lamb atau daging kambing panggang ala Chef Noldy Herling khas Hotel Jakarta Mercure Simatupang bisa menjadi pilihan. Jika memiliki oven di rumah, bahan-bahan resep ini sangat mudah dibuat.

“Kami menyajikan resep perpaduan Timur Tengah dan Indonesia. Sausnya bisa dengan sambal kecap atau dengan saus khas Western,” katanya baru-baru ini.

Bahan-bahan :

3 sendok makan extra-virgin olive oil
5 siung bawang putih, cincang kasar
1 sendok parutan kulit lemon
2 sendok teh oregano kering
2 sendok teh garam, dapat ditambahkan sesuai selera
1 sendok teh cabai kering
2 kilogram paha domba tanpa tulang

Cara Memasak:

Untuk bumbunya, campurkan olive oil, parutan kulit lemon, oregano, garam, dan cabai. Keemudian lumuri paha kambing dengan bumbu tersebut. Proses bumbu itu dilakukan sekitar 6-8 jam hingga menyerap.

Setelah itu panggang daging dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 175° C selama 1 jam 20 menit, atau sampai daging tersebut memiliki tingkat kematangan medium atau matang sesuai selera namun jangan sampai overcooked. Kemudian lumuri dengan saus kecap. Porsi tersebut bisa disantap bersama keluarga.

Kandungan Nutrisi Daging Kambing

Dilansir dari Live Strong, Minggu (26/5), daging kambing adalah alternatif yang sehat pengganti daging sapi dan ayam karena total kalori, lemak dan kolesterolnya lebih rendah. Daging kambing terdiri dari 63 persen dari daging merah yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Bagian 3 ons daging kambing memiliki 122 kalori, yang jauh lebih sedikit dari daging sapi 179 dan ayam 162. Dalam hal lemak, kambing jauh lebih sedikit daripada yang lain. Satu porsi daging kambing mewakili hanya 4 persen dari nilai total lemak harian, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Kolesterol daging kambing yakni 63,8 miligram per porsi 3 ons jauh lebih sedikit daripada daging sapi dan 73,1 miligram daging babi dan 76 miligram ayam per porsi. Daging kambing juga mengandung protein dan delapan asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Protein kambing 23 gram per porsi sebanding dengan 25 gram dalam satu porsi daging sapi dan ayam. Faktanya, satu porsi kambing 3 ons memenuhi 46 persen nilai protein harian.

(JPC)