Janda Lebih Menggoda ketimbang Istri Sukanya Marah-marah Saja

oleh
Ilustrasi: radar surabaya

SURABAYA, RAKYATJATENG – Donwori -bukan nama sebenarnya- sudah tak betah lagi di rumah. Pria paruh baya itu memilih keluyuran setiap malam demi menghindari istrinya.

Donwori sudah 20 tahun menjadi suami bagi seorang perempuan berwatak galak. Sebut saja namanya Karin.

Dalam rumah tangga Donwori dan Karin itu muncul orang ketiga. Ada janda -anggil saja namanya Sephia- yang sudah punya tiga anak.

Sebenarnya bukan tanpa alasan jika Donwori merasa tak betah di rumah. Usut punya usut, Karin memang demen uring-uringan alias ngamukan.

Dari pembelaan Donwori, pilihannya untuk mendua karena sikap Karin yang menjengkelkan. Setiap hari ada saja perbuatan Donwori yang membuat Karin tak berkenan.

“Opo maneh mari ndelok tonggoe ngedukno perabotan, Ati-ati ae, mesti ra gelem kalah. Njaluk kon nukokne. Lek gak dituruti nggondok (apalagi kalau habis melihat tetangga membeli perabotan, hati-hati saja, pati tak mau kalah. Minta dibelikan. Kalau tidak dituruti marah, red),” ujar Donwori di ruang tunggu Pengadilan Agama Kelas IA Surabaya belum lama ini.

Masalahnya, pemasukan tunggal Donwori dari usahanya menjalankan toko kelontong tak bisa menutupi semua keinginan Karin. Akibatnya, Donwori yang jadi sasaran kemarahan Karin.

Untuk menghindari amukan Karin itulah Donwori sering keluyusan malam. Jika tidak menongkrong di warung, Donwori biasanya menyambangi teman-temannya.

Dari penjelajahan malam itulah Donwori berkenalan dengan Sephia. Ada teman yang mengenalkan Donwori dengan janda muda itu.

“Dikenalno konco. Tak dolani pisan pindo, eh mundak cinta (dikenalkan oleh teman. Saya main sekali dua kali, eh jadi cinta, red),” tutur Donwori.

Daripada berlama-lama harus bertahan di bawah tekanan istri, Donwori memilih mencari pelarian. Sephia membuat Donwori berbulat hati menceraikan Karin.

“Ojok salah paham. Sakjane aku ngene, soale dekne sing salah. Uripe ruwet (jangan salah paham. Sebenarnya aku begini karena dia yang salah. Hidupnya ruwet, red),” kata Donwori.

Jika sudah resmi menyandang status duda, Donwori mau tancap gas. Dia mau langsung melamar Sephia.

“Wong lanang iku gak apik lek kesuwen gak nduwe bojo. Makane aku mending ndang rabi wae (pria itu tak baik kelamaan tanpa istri. Makanya aku lebih baik cepat-cepat menikah, red),” ujarnya pria asal Prapen itu.(sb/is/jay/JPR/jpnn)