Buka 28 Mei, Rest Area Candiareng Sediakan 61 Tenan

oleh
PERSIAPKAN – Para petugas saat menyiapkan rest area fungsional Candiareng km 344. (NOVIA ROCHMAWATI/RP)

BATANG, RAKYATJATENG – Rest Area Candiareng 344, Batang, Jateng, menjadi salah satu rest area yang diminati UMKM untuk meraup rezeki dari para pemudik. Bahkan, dari 61 tenan yang ada sudah langsung terjual sebelum pertengahan bulan puasa. Rencananya, rest area fungsional itu akan dibuka mulai 28 Mei mendatang.

“Untuk tenan sendiri alhamdulillah sudah tersewa semua. Ada dari toko modern sampai UMKM lokal kami libatkan. Kebanyakan memang dari masyarakat sekitar tol. Dari Candiareng dan beberapa ada yang dari perbatasan Pekalongan,” terang Pengelola Rest Area Candiareng dari Pemalang Batal Tol Road, Sartono, Jumat (24/5).

Untuk tenan UMKM sendiri hanya disediakan dalam bentuk tratak. Biaya sewanya dipatok Rp 5 juta per stan untuk 20 hari sewa, dari H-10 hingga H+10. Biaya sewa juga sudah termasuk biaya listrik dan air.

Terkait dengan fasilitas, Rest Area Candiareng bakal dilengkapi dengan toilet dan mushala. Untuk jalur A ada 20 closet duduk dan bantuan toilet mobil dari Kementrian PUPR. Sementara di jalur B disediakan 10 closet duduk.

Sementara itu, salah satu pelaku usaha, Rose, mengaku lebih memilih untuk berjualan di Rest Area Candiareng. Selain lebih murah, rest area km 344 itu juga lebih mudah diakses, baik dari tol maupun jalur non tol. Penjual Nasi Sedepan itu pun tidak mempermasalahkan kondisi rest area yang masih bersifat fungsional.

“Jadi meski bentuknya masih seperti ini tidak masalah, karena saya juga tahun sebelumnya sudah pernah jualan di sini dan alhamdulillah laku. Sehingga saya yakin untuk tahun jni juga bisa balik modal dan untung,” terang warga Pasekaran ini. (nov/RP)