Banyak Pensiun, Pemkab Brebes Masih Butuh 650 PNS

oleh

BREBES, RAKYATJATENG – Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Brebes Sutrisno menyebut banyak jabatan fungsional maupun struktural di Pemkab Brebes kosong. Sejumlah pejabat sebelumnya banyak yang sudah pensiun.

Sutrisno menghitung saat ini saja ada kekosongan sekitar 200 posisi. Jika dihitung selama 2019, dari data ada 632 pejabat yang pensiun. Karenanya, Pemkab Brebes sangat membutuhkan tambahan sumber daya manusia (SDM) guna pelayanan masyarakat tetap berjalan baik.

“Bisa dikatakan di 2023 mendatang, kami akan kehabisan SDM. Harusnya, setiap tahun ada penambahan SDM sejumlah PNS yang pensiun,” tandasnya.

Untuk mengisi kekurangan SDM sendiri, BKPSDMD akan mengajukan permohonan rekrutmen CPNS pada 2019 ini ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). “Formasi yang kita butuhkan ada 650 formasi. Tapi dalam surat Menpan-RB disebutkan 70 persen itu diisi P3K dan 30 teknis. Tapi kan kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran,” ucapnya.

Agar pemerintahan dan pelayanan berjalan baik, katanya, harusnya zero drop. Maksudnya, penambahan jumlah SDM PNS sebanyak jumlah PNS yang pensiun. Sehingga tidak ada posisi yang mengalami kekosongan.

“Harusnya memang zero drop sehingga tidak terjadi kekurangan. Makanya saya sampaikan kalau 2023 kita kehabisan SDM,” pungkas Sutrisno. (har/zul/RT)