Amankan Angkutan Lebaran di Stasiun Semarang, Diterjunkan Enam Anjing Pelacak

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Enam ekor anjing pelacak yang tergabung dalam unit K-9 bakal diterjunkan dalam pengamanan selama angkutan Lebaran 2019, di dua stasiun di Semarang yakni di Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol.

Dilibatkannya pasukan K-9 dalam pengamanan selama angkutan Lebaran 2019 sebagai bagian dari upaya mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dalam aspek keamanan di dua stasiun tersebut.

Menurut Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, aspek keamanan sama pentingnya dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang serta kelancaran perjalanan.

“Hal yang menjadi fokus pantauan di antaranya keamanan di area stasiun, keamanan di atas kereta api, keamanan di sepanjang jalur kereta api dan keamanan aset vital yang terkait dengan operasional perjalanan kereta api,” ungkap Huda saat ditemui usai apel gelar Pasukan Operasi Angkutan Lebaran 2019 di halaman Stasiun Semarang Tawang, Minggu (26/5).

Dikatakannya, untuk menjamin keamanan baik di stasiun maupun selama perjalanan, ratusan personel keamanan baik internal PT KAI maupun eksternal dari TNI dan Polri juga diterjunkan.

“Guna memberikan rasa aman bagi para pemudik, PT KAI Daop 4 Semarang mengerahkan tenaga keamanan dengan jumlah total sebanyak 615 personel. Terdiri dari tenaga keamanan pegawai KAI sebanyak 119 personel dan tenaga keamanan non pegawai KAI sebanyak 496 personel,” paparnya.

Tahun ini, PT KAI Daop 4 Semarang memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 3,8 persen, dari 486.841 penumpang pada tahun lalu menjadi 505.498 penumpang pada masa Lebaran tahun ini.

Sedangkan puncak angkutan penumpang pra Lebaran di Daop 4 Semarang diperkirakan terjadi pada Kamis 30 Mei 2019 (H-6) dengan prediksi volume sebanyak 22.978 penumpang.

Sementara untuk pasca-Lebaran diperkirakan bakal terjadi pada Senin 10 Juni 2019 (H+4) dengan prediksi volume sebanyak 30.141 penumpang. (sen)