6 Manfaat Kencur Bagi Tubuh, Diantaranya Kesehatan Reproduksi

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, kencur yang kaya akan kandungan zat sitotoksik dan antibakteri ini dipercaya dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes.

Rempah yang bernama latin Curcuma zedoaria ini ternyata memiliki sifat antiradang. Itu akhirnya bisa membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan tersebut.

Selain bersifat antiradang, kencur memiliki manfaat lainnya yang sebelumnya tidak Anda duga, yakni:

1. Mencegah kanker

Beragam zat antioksidan yang terdapat dalam bumbu eksotis ini menjadikan konsumsinya sebagai tindakan pencegahan yang sangat baik, karena dapat memperlambat stres oksidatif dan menurunkan risiko mutasi sel.

2. Mengurangi nyeri

Seperti disebutkan sebelumnya, kencur bersifat antiradang, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri, termasuk rheumatoid arthritis, asam urat, sakit kepala, sindrom iritasi usus, dan masalah umum lainnya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan jumlah vitamin C yang baik, didukung oleh zat antioksidan seperti alpine dan galangin, kencur sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu meredakan peradangan yang mengganggu kinerja tubuh.

4. Mencegah penyakit kronis

Penyakit kronis sering kali muncul akibat dari peradangan kronis dan efek negatif dari radikal bebas. Dengan begitu banyak kandungan antioksidan dalam rempah-rempah ini, risiko radang sendi, diabetes, dan penyakit jantung koroner dapat berkurang secara signifikan.

5. Tingkatkan fungsi otak

Manfaat lain dari antioksidan adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Antioksidan dalam kencur dapat mengurangi pembentukan plak beta-amiloid di otak. Selain itu, kencur juga dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

6. Kesehatan reproduksi

Penelitian telah menemukan bahwa bumbu dapur ini secara khusus dapat meningkatkan motilitas (kemampuan suatu organisme untuk bergerak secara independen) dan produksi sperma. Sehingga, konsumsi kencur amat baik bagi mereka yang bermasalah dengan hubungan seksual.

Jadi, kencur terbukti bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan puasa untuk meminimalkan risiko radang tenggorokan. Selain itu, manfaatnya juga luar biasa, seperti yang telah disebutkan di atas. Mulai sekarang, jangan singkirkan kencur dari menu makanan Anda.(NP/ RVS/klikdokter/jpnn)

  • Bagikan