Jalur Alternatif Pesisir Pantai Selatan Jawa dari Cilacap Lebih Nyaman

oleh
Kendaraan melintasi rest area di Masjid At Taqwa, Desa Munggangsari, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). (Ant)

CILACAP, RAKYATJATENG – Jalur alternatif yang memanjang di pesisir pantai selatan Jawa dari Cilacap hingga Yogyakarta diprediksi bakal ramai dilalui pemudik. Selain jalannya mulus, penerangan di jalur ini juga sudah lebih baik.

“Ini nanti akan ramai, karena jalannya sudah terang lampu dan aspalnya sudah halus, daripada jalur arteri selatan sudah rusak,” kata Heri, salah seorang pengemudi truk di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (18/5).

Heri seorang pengemudi truk mengaku sering melewati jalur alternatif tersebut daripada arteri reguler Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta yang kondisinya sudah bergelombang parah dan rawan macet.

Heri menjelaskan potensi keramaian akan bertambah karena juga akan segera dibangun pelabuhan baru di Cilacap.

Senada dengan Heri, Suhar yang juga seorang pengemudi truk mengatakan bahwa jalur alternatif Cilacap, Kebumen, melalui jalan Dandels belum banyak yang tahu.

“Jalur Cilacap Timur, menuju Kebumen dan Wates ini belum banyak yang tahu, padahal jalannya mulus dan sudah banyak penerangan,” kata Suhar.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengemudi mobil pribadi akan lebih aman melalui jalur alternatif Cilacap Timur tersebut, sebab tidak banyak kendaraan besar yang melintas.

Selain itu, menurut pantauan, seperti dilansir Antara, jalur alternatif Cilacap Timur, Kebumen, Wates banyak pilihan tempat wisata dan juga banyak melalui perkampungan besar, sehingga tidak terlalu sepi.

Penjual bensin eceran juga banyak. Pengemudi tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar karena juga banyak yang membuka usaha bengkel.

(Ant)