Ikuti 5 Aturan Bagi Pasien Diabetes Saat Makan Mangga

  • Bagikan
Penderita diabetes tetap bisa merasakan manisnya mangga dengan beberapa aturan yang perlu dipatuhi. (pixabay)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Buah mangga terkenal dengan rasa manisnya. Buah tersebut diketahui memiliki kandungan kalori atau gula yang tinggi. Maka pasien diabetes khawatir jika menyantap mangga. Namun, apakah mereka tak boleh menyantap mangga sama sekali?

Dilansir dari NDTV, Kamis (9/5), menurut American Association for Diabetes, penderita diabetes boleh makan mangga dalam jumlah sedang. Akan tetapi menurut beberapa ahli penderita diabetes harus menghindari mangga atau boleh mencicipi hanya dalam jumlah sedikit.

Sebab karbohidrat yang ada dalam mangga sebagian besar adalah gula sederhana. Gula tersebut cepat diserap dan dicerna, menyebabkan kadar gula darah melonjak. Maka itu, mangga bukanlah pilihan menu yang bijaksana bagi penderita diabetes.

Sayangnya keinginan untuk menyantap mangga sulit dikendalikan. Maka ada lima cara bijaksana atau aturamn untuk menyantap mangga dalam porsi yang terukur bagi pasien diabetes. Namun itu harus dikonsultasikan juga kepada dokter.

Makan Mangga Saat Gula Darah Stabil

Cek dulu berapa kadar gula darah. Jika secara konsisten berada di sisi yang lebih tinggi, maka wajib menghindari mangga. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mencicipi mangga.

Pilih yang Tak Terlalu Matang

Hindari buah mangga yang terlalu matang. Sebab sebagian besar sangat padat dalam kandungan gula. Mangga mentah sebenarnya adalah yang jauh lebih aman bagi penderita diabetes. Buatlah jus dengan campuran jintan. Bubuk jintan dikenal memiliki sifat anti-diabetes yang kuat. Dan jangan tambahkan gula.

Sebagai Camilan

Ide bagus untuk tetap ngemil di sela waktu makan. Namun pastikan menjaga kudapan tetap ringan, sehat, dan penuh nutrisi. Mangga dapat berfungsi sebagai camilan sehat saat makan. Pasangkan dengan beberapa serat tinggi dan buah-buahan rendah gula seperti kiwi atau stroberi.

Kurangi Karbo Lain

Kurangi sumber karbohidrat lainnya seperti nasi putih atau pasta olahan. Ahli Diet Lokendra Tomar dari Weight Loss Clinic di New Delhi menyarankan boleh makan mangga tapi di siang hari.

Makan Secara Utuh

Membuat jus mangga bisa mengurangi serat esensial. Serat sangat penting bagi penderita diabetes. Serat memungkinkan pelepasan gula secara lambat dalam aliran darah dan mencegah lonjakan gula darah.

(JPC)

  • Bagikan