Leipzig ke Final Piala Jerman setelah Singkirkan Hamburg

  • Bagikan
Penyerang RB Leipzig Yussuf Poulsen (net)

RAKYATJATENG – RB Leipzig lolos ke final Piala Jerman setelah menyingkirkan Hamburg SV 3-1 dalam laga semifinal di Stadion Volsparkstadion, Hamburg, Jerman, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan itu mengantarkan tim yang baru terbentuk pada 2009 itu mencapai final Piala Jerman untuk pertama kalinya, demikian catatan laman resmi federasi sepak bola Jerman DFB.

Kemenangan Leipzig di Volkspark stadion ini dipetik berkat gol-gol yang dicetak Yussuf Poulsen dan Emil Forsberg yang dilengkapi gol bunuh diri Vasilije Janjicic, sementara Hamburg hanya bisa membalas lewat Bakery Jatta.

Poulsen membuka keunggulan saat laga baru berjalan 12 menit ketika berdiri bebas tak terkawal untuk menanduk bola sepak pojok.

Empat menit kemudian Leipzig hampir menggandakan keunggulan namun tembakan Poulsen dan sambarannya Marcel Sabitzer atas bola muntah membentur tiang gawang.

Tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-23 lewat keberhasilan Jatta mencuri bola dari Kevin Kampl sebelum melepaskan tendangan spekulasi yang gagal dihentikan kiper Peter Gulacsi dan tetap melesak ke dalam gawang.

Delapan menit memasuki babak kedua Leipzig mengembalikan keunggulan ketika umpan tarik Kampl yang diarahkan kepada Werner berusaha dipotong oleh Janjicic namun malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Pada menit ke-69, peluang Leipzig kembali digagalkan oleh gawang, ketika tembakan Emil Forsberg membentur mistar gawang.

Tiga menit setelahnya Forsberg memperbesar keunggulan Leipzig lewat tembakan mendatar yang tak mampu dijangkau kiper Julian Pollersbeck.

Skor 3-1 untuk kemenangan Leipzig bertahan hingga laga usai.

Pada final, Leipzig akan menunggu pemenang laga semifinal lain antara Werder Bremen kontra Bayern Muenchen yang berlangsung Kamis dini hari esok (25/4).

Susunan pemain:
Hamburg SV (4-2-3-1): Julian Pollersbeck; Leo Lacroix, Gideon Jung, Rick van Drongelen, Douglas Santos; Vasilije Janjicic (Aaron Hunt), Orel Mangala (Lewis Holtby); Khaled Narey, Bakery Jatta, Josha Vagnomam (Hwang Hee-chan); Pierre-Michel Lasogga
Pelatih: Hannes Wolf

RB Leipzig (3-1-4-2): Peter Gulacsi; WIlli Orban, Ibrahima Konate, Lukas Klostermann; Kevin Kampl (Diego Demme); Konrad Laimer, Marcel Sabitzer, Emil Forsberg (Nordi Mukiele), Marcel Halstenberg (Amadou Haidara); Yussuf Poulsen, TImo Werner
Pelatih: Ralf Rangnick

(ant)

  • Bagikan