Lawan 9 Penyakit dengan Rutin Konsumsi Lada Putih

  • Bagikan
Lada putih memiliki manfaat untuk jantung dan turunkan berat badan. (The Indian Express)

RAKYATJATENG – Lada putih sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Merica atau lada putih memiliki rasa yang berbeda dari lada hitam yakni lebih panas ketika dimakan. Namun di balik rasa panasnya, lada putih dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rutin menambahkan lada putih dalam masakan, ternyata berkhasiat untuk memelihara dan mengatasi masalah kesehatan. Dilansir dari Health Benefits Times, Senin (22/4), lada putih bisa digunakan dalam sup krim, kari, dan hidangan ikan.

Lalu bisa juga digunakan untuk saus salad, bumbu rendaman, dan semur. Menambahkan lada putih ke dalam minuman dan makanan bisa membantu menambah rasa yang kuat serta hangat.

Berikut 9 manfaat lada putih untuk tubuh lebih sehat,

Turunkan Berat Badan

Lada putih mengandung capsaicin yang membantu membakar lemak. Jadi bisa menurunkan berat badan. Tambahkan sedikit bumbu ini ke dalam makanan untuk meningkatkan pencernaan.

Sembuhkan Batuk

Lada putih adalah dekongestan dan panas alami. Sehingga bisa melegakan pernapasan. Lada putih bila dikombinasikan dengan madu mentah sebagai antibiotik dan menangkal infeksi saluran hidung dari batuk dan pilek.

Jantung Sehat

Lada putih bisa membuat tubuh berkeringat. Pengeluaran cairan dari tubuh baik untuk kesehatan jantung. Lada putih membantu membersihkan cairan secara efektif.

Meningkatkan Penglihatan

Lada putih bila dipadukan dengan adas manis, bubuk almond, dan sugarto, bisa efektif untuk kesehatan mata.

Eksfoliasi Kulit

Lada putih ketika dihancurkan sangat baik membantu menghilangkan sel-sel kulit mati agar kulit lebih lembut. Kandungan antioksidan seperti vitamin dan flavonoid meningkatkan sirkulasi darah sehingga tampilan kulit jadi lebih muda.

Mencegah Gas

Lada putih memiliki sifat karminatif yang mencegah pembentukan gas di usus. Bisa memperlancar sekresi hidroklorik dalam perut, yang mendukung pencernaan dan meningkatkan fungsi usus.

Memperkuat Tulang

Lada putih adalah sumber mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan yang mendukung kekuatan tulang.

Cegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa capsaicin yang menyediakan rasa pedas dan panas mampu menangkal sel kanker. Membantu secara efektif mengobati kanker prostat.

Sehatkan Pencernaan

Lada putih digunakan sebagai bumbu masakan. Bisa mempromosikan sistem pencernaan dengan merangsang tubuh untuk mengeluarkan asam klorida yang penting untuk proses pencernaan. Lada putih memiliki serat yang merangsang gerakan peristaltik dan sekresi asam lambung.

(JPC)

  • Bagikan