Stok Ikan Konsumsi di Jogjakarta Selama Ramadhan Dijamin Aman

  • Bagikan

SLEMAN, RAKYATJATENG – Peternak ikan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) memastikan stok ikan konsumsi selama bulan Ramadhan mendatang aman. Peternak sudah jauh-jauh hari mempersiapkan stok untuk memenuhi kebutuhan.

“Tercukupi tidak ada masalah ikan konsumsi. Penebaran benih, Desember (2018) dan Januari kemarin untuk kebutuhan selama bulan Puasa nanti,” kata Saptono, Pengelola Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MK) Mina Ngremboko, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Minggu (21/4).

Peternak ikan konsumsi di kelompoknya ada sebanyak 62 orang. Mereka sudah melakukan persiapan pada 3-4 bulan lalu dengan menambah jumlah ikan yang dipelihara. “Biasanya tingkat permintaan sebelum, selama dan sesudah Bulan Puasa itu meningkat. Jadi peternak biasanya hanya pelihara di 2 kolam saja, ditingkatkan menjadi 3 sampai 4 kolam,” katanya.

Untuk sekali panen ikan lele mencapai 2,5-3 ton. Meski cukup banyak, namun diakuinya masih saja belum bisa memenuhi besarnya permintaan pasar. “Lele setiap hari panennya. Meski begitu, masih saja kekurangan,” katanya.

Sedangkan untuk ikan Nila dan Gurameh, menurutnya selama ini masih dicukupi oleh para peternak di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sebab budi daya 2 jenis ikan ini untuk wilayah DIJ juga masih dirasa belum mencukupi permintaan pasar.

(JPC)

  • Bagikan