Saling Klaim Kemenangan, Ini Enam Pernyataan Resmi TKN Jokowi – Ma’ruf

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin menggelar jumpa pers di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4) malam. Jumpa pers itu dihadiri langsung Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf, Erick Thohir, Ketua Harian TKN Jokowi – Ma’ruf, Jenderal Purn Moeldoko, Sekretaris TKN Jokowi – Ma’ruf, Hasto Kristiyanto, para sekjen partai Koalisi Indonesia Kerja dan lainnya.

“Saya mewakili TKN ingin menyampaikan sebuah pernyataan resmi TKN,” kata Moeldoko.

Setidaknya enam poin penting yang disampaikan mantan Panglima TNI itu. TKN pun menegaskan kemenangan Jokowi – Ma’ruf atas Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

“Pertama, TKN berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada paslon 01 Jokowi – Kiai Ma’ruf sehingga menjadi pemenang Pilpres 2019,” ungkap Moeldoko.

Kedua, TKN berterima kasih kepada penyelenggara quick count (QC) atau hitung cepat yang sangat kredibel. “Itu berdasarkan pandangan kami, sehingga hasil dapat diketahui lebih cepat, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan ke publik,” kata Moeldoko.

Kemudian TKN sangat menghormati dan terus mengikuti hasil akhir penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum. “TKN mengajak seluruh rakyat Indonesi bersabar menunggu hasil resmi KPU,” tegasnya.

Kemudian TKN memberi apresiasi masyarakat atas partisipasi yang sangat tinggi di dalam Pemilu 2019 ini. Dia menegaskan bahwa angka partisipasi pemilih kurang lebih 81 persen. “Ini sungguh luar biasa,” tegas Kepala Kantor Staf Kepresidenan itu.

Kelima, lanjut Moeldoko, TKN berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu dari pusat sampai daerah yang telah menyelenggarakan dan mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019 dengan baik. “Walaupun ada bebagai kendala di lapangan tetapi semua bisa teratasi dengan baik,” katanya.

Keenam, TKN memberikan penghargaan kepada aparat TNI dan Polri yang telah mengamankan pemliu, sehingga lancar aman dan damai. “Sekali lagi kami apresiasi yang sangat tinggi,” tegasnya.

Moeldoko menegaskan bahwa enam poin pernyataan ini sangat bisa dipertanggungjawabkan. Dia menegaskan bahwa salah satu dasar menyatakan kemenangan ini adalah hasil QC 12 lembaga yang sangat kredibel.

Dia menegaskan TKN merasa harus menyatakan dan memberitahukan ini kepada pendukung maupun followers paslon 01 di mana pun berada.

“Jadi dasarnya, apa yang kami nyatakan adalah hasil quick count lembaga kredibel yang selama ini punya tradisi keilmuan dan terbukti beberapa tahun belakangan hampir dikatakan 99 persen (akurasinya),” katanya.

Namun demikian, Moeldoko sekali lagi menegaskan bahwa TKN tetap menghormati dan mengikuti proses penghitungan KPU. “Jadi, kami minta masyarakat bersabar tunggu keputusan resmi KPU,” tegasnya. (boy/jpnn)

  • Bagikan