Panglima TNI dan Kapolri Cek Pasukan Pengamanan Pilpres di Karanganyar

oleh

FAJAR.CO.ID, KARANGANYAR – Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menghadiri apel siaga TNI-Polri dalam rangka pengamanan Pilpres yang digelar di lapangan Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Jateng, Jumat (5/4).

Pada kesempatan itu Panglima maupun Kapolri menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan kendaraan dan juga pasukan untuk pengamanan Pilpres dan Pileg.

Apel siaga diikuti ribuan personel dari TNI-POLRI dari wilayah eks Karesidenan Surakarta. Selain itu, apel juga diikuti oleh anggota Brimob Polda Jateng. Disela apel, Panglima mendatangi pasukan TNI untuk melakukan pengecekan.

“Ada yang bawa buku putih untuk panduan,” tanya Panglima kepada pasukan. Tetapi, tidak ada yang sempat membawa buku saku tersebut. Selanjutnya Panglima memberikan contoh buku saku yang wajib dibawa oleh anggota.

Buku putih tersebut berisi tentang panduan terkait kode etik dimana di dalamnya terdapat poin mengenai netralitas TNI-Polri. Selain itu, Panglima juga melakukan pengecekan terhadap pemahaman mengenai netralitas yang menjadi komitmen anggota.

“Siapa yang tahu mengenai netralitas, kemudian dijawab oleh anggota mengenai netralitas tersebut,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga melakukan pengecekan terhadap pasukan yang akan disiagakan untuk pengamanan Pilpres. “Kamu dari wilayah mana, ada yang rawan tidak TPSnya,” tanyanya kepada pasukan.

Dan pertanyaan tersebut dijawab dengan tegas oleh personel yang akan melakukan pengamanan TPS. Usai melakukan pengecekan pasukan serta kendaraan operasional, apel siaga pun ditutup.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *