KPU Solo Mulai Lipat Surat Suara DPD, Segini Jumlahnya

oleh

PELIPATAN: Petugas melakukan sortir dan pelipatan surat suara DPD di gudang KPU Solo, Jateng, Senin (25/3). (Ari Purnomo/JPC)

SOLO, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mulai melakukan pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Pengerjaan melibatkan 246 pekerja yang tersebar di 5 kecamatan di Solo. Mereka tak sekadar melipat, tapi sekaligus menyortir surat suara. Proses sortir dan pelipatan ditargetkan rampung 10 hari ke depan.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti menyampaikan, surat suara untuk DPD sudah tiba sejak Sabtu (23/3) lalu. Selanjutnya, surat suara dibagikan ke lima lokasi bergantung dengan jumlah pemilih di setiap kecamatan. Jumlah surat suara di setiap kecamatan tidak sama.

“Hari ini, kami sudah memulai sortir dan pelipatan surat suara. Targetnya bisa selesai antara tujuh hari dan maksimal 10 hari,” urai Nurul, Senin (25/3).

Adapun surat suara DPD sebanyak 430.439 lembar. Jumlah itu menyesuaikan daftar pemilih tetap (DPT). Lokasi pelipatan surat suara disebar di lima kecamatan. Untuk wilayah Banjarsari, pelipatan dilakukan di gudang KPU Solo. Kemudian di Laweyan, pelipatan dilakukan di kelurahan Karangasem. Sedangkan di Jebres, pelipatan dilakukan di Solo Techno Park (STP).

“Untuk wilayah Serengan dilakukan di aula Kelurahan Serengan, dan di Pasarkliwon dilakukan di bekas SD Baturono. Semua lokasi pelipatan juga diawasi petugas. Baik dari KPU, kepolisian maupun dan Bawaslu,” ucap Nurul.

Lalu untuk surat suara DPRD, DPRD Provinsi dan DPR RI, Nurul belum bisa memastikan. Mengingat pencetakan surat suara tiga legislatif tersebut dilakukan di tempat berbeda. Meski begitu, KPU terus berkomunikasi terkait dengan kesiapan surat suara DPRD, DPRD Provinsi dan DPR RI.

Nurul mengingatkan, petugas pelipat dilarang membawa alat komunikasi atau handphone. Ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk seleksi petugas pelipatan sendiri sudah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.