KPU Jateng Catat Ada 74 Ribu Pemilih Urus Formulir A5

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menetapkan jumlah pemilih yang menggunakan hak pindah memilih di Pemilu 2019, Jumat (22/3). Tercatat angka pemilih masuk mencapai 74.501 orang.

Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat, mengatakan puluhan ribu orang itu telah melakukan pindah memilih dengan mengurus formulir A5 sebelumnya. Sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan hingga 17 Maret 2019 kemarin.

“Sesuai dengan undang-undang yang menetapkan batas akhir 30 hari sebelum hari pemungutan suara,” kata Yulianto, Jumat (22/3).

Para pengguna formulir A5 itu, menurut Yulianto, tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Dari angka sebanyak, paling mendominasi ada di Kota Semarang. Salah satunya dari kelompok mahasiswa yang katanya banyak berasal dari luar kota atau luar provinsi.

Untuk para mahasiswa pengguna formulir A5 ini, kata Yulianto, bakalan ditampung di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di sekitar kampus. Karena memang tidak ada TPS khusus bagi mereka.

“Kami kan tidak membuka TPS khusus di kampus. Jadi, mahasiswa yang pakai A5 masih bisa ditampung di TPS di sekitar kampus. Sebab, batas jumlah pemilih di setiap TPS maksimal 300 pemilih,” terangnya.

Mengenai TPS khusus di rumah sakit dan lembaga pemasyarakatan ataupun rumah tahanan sampai saat ini pengadaannya masih menunggu arahan dari KPU RI. “Kami tunggu ya kira-kira seminggu atau lima hari sebelum hari pencoblosan. Tapi intinya, kami tetap memberi pelayanan kepada pemilih,” tandasnya. (JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *