Bersama Polrestabes, Prajurit Kodim Semarang Siap Dukung Pengamanan Apel Kebangsaan Merah Putih

oleh

SEMARANG, RAKYATJATENG – Prajurit TNI AD dari Kodim 0733 BS/Semarang bersama satuan-satuan di bawah Kodam IV/Diponegoro antara lain Yonif Raider 400 BR, Batalyon Arhanud 15 dan Zipur siap mendukung tugas pengamanan Apel Kebangsaan Merah Putih yang rencananya akan digelar Minggu (17/3/2019) di lapangan Pancasila Semarang.

Hal ini ditegaskan Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Zubaedi SSos MM usai mendampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso saat bertindak memimpin Apel Pengamanan ‘Apel Kebangsaan Merah Putih’ di lapangan Pancasila Semarang, Jumat (15/3/2019).

Kekuatan back up pengamanan membantu Polri, menurut Dandim melibatkan seluruh personil Koramil yang tersebar di 14 wilayah ditambah personil dari satuan tempur dan bantuan tempur (Banpur) organik Kodam IV Diponegoro.

“Bantuan personil dari TNI AD ini atas perintah Panglima Kodam IV/Diponegoro melalui Asisten Operasi. Semuanya telah disiap sebagaimana telah dicek oleh Kapolrestabe tadi,” tambah Letkol Kav Zubaedi SSos MM.

Sementara itu apel pengamanan, menurut Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso digelar untuk mengamankan gelaran Apel Kebangsaan Merah Putih yang rencananya akan dihadiri ribuan warga masyarakat dan tokoh-tokoh nasional termasuk alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama dan para artis penghibur.

“Karena ada ribuan pengunjung maka perlu ada pengaturan dan pengamanan agar kegiatan berlangsung tertib dan aman. Jangan sampai ada gangguan sedikitpun,” ungkap Kombes Pol Abiyoso.

“Dalam apel pengamanan ini intinya kami mengecek kesiapan personil pengamanan baik dari Polri, TNI selaku kekuatan back up serta pendukung seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Mitra Komunikasi seperti RAPI dan Bankom Polrestabes Semarang. Di sini kami juga menyamakan persepsi teknis pengamanan dan mengatur titik pengamanan untuk mengeliminasi potensi kerawanan gangguan,” tambahnya.

Kapolrestabes Semarang mengajak semua masyarakat nyengkuyung bareng mengamankan Kota Semarang, terutama saat digelar Apel Kebangsaan Merah Putih yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Apel Kebangsaan Merah Putih diharapkan bisa menjadi momentum menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan menguatkan persatuan dan kesatuan guna membentengi bangsa ini dari perpecahan. Oleh karena itu kegiatan ini harus kita sukseskan bersama, mari kita bergandengan tangan dengan mengesampingkan perbedaan yang ada di antara kita. Semangat gotong royong harus kita bangun kembali, bersatu padu untuk mengamankan Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah. Jangan mudah menerima ajakan atau provokasi yang bisa merugikan kita semua,” ujarnya.

Kapolrestabes Semarang.
Kombes Pol Abiyoso juga menyampaikan terima kasihnya kepada Dandim 0733 BS/Semarang yang telah menerjunkan semua kekuatan personilnya berikut satuan organik Kodam IV/Diponegoro memback up Polri.

“Polrestabes dan Kodim 0733 BS/Semarang sangat kompak dalam menjaga iklim kondusif Kota Semarang selama ini. Bahkan setiap malam aparat kewilayah Bhabinkamtibmas bersama Babinsa selalu rutin melakukan patroli bersama menyambangi wilayah-wilayah perkampungan maupun perumahan di seuluh penjuru Kota Semarang,” tandas Kapolrestabes Semarang. (sen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.