Undip Bangun Sekolah Vokasi, Sinar Mas Harapkan Kurikulum Sejalan Kebutuhan Industri – Rakyat Jateng
RAKYAT PANTURA

Undip Bangun Sekolah Vokasi, Sinar Mas Harapkan Kurikulum Sejalan Kebutuhan Industri

SEMARANG, RAKYATJATENG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mendirikan gedung Sekolah Vokasi. Peletakan batu pertama gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ini dilakukan di kawasan Kampus Undip Tembalang, Selasa (12/3).

Pembangunan gedung ini merupakan hibah dari dua perusahaan swasta besar. Dan Sinar Mas menjadi satu diantara dua perusahaan yang berkontribusi mendukung berdirinya bangunan kampus empat lantai seluas 6.000 meter persegi, bernilai keseluruhan Rp 40 miliar ini.

Hal yang mendorong Sinar Mas menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi ini sebagai upaya memperkuat kualitas sekaligus kuantitas angkatan kerja berlatar belakang pendidikan vokasi.

Managing Director Sinar Mas, G Sulistiyanto, mengaku bahwa ketika industrialisasi dipacu, kebutuhan sumber daya manusia berkualitas meningkat tinggi. Sementara ketersediaan angkatan kerja berbasis pendidikan vokasi berada di bawah kebutuhan sektor industri. Karenanya, kemitraan seperti ini dapat menjadi salah satu solusinya.

“Kami merasakan benar ketika industrialisasi dipacu, kebutuhan sumber daya manusia berkualitas meningkat tinggi. Sementara ketersediaan angkatan kerja berbasis pendidikan vokasi berada di bawah kebutuhan sektor industri. Kemitraan seperti ini dapat menjadi salah satu solusinya,” kata Managing Director Sinar Mas, G Sulistiyanto saat menghadiri peletakan batu pertama Gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, Selasa (12/3).

“Kami mengharapkan kurikulum pendidikan vokasi semakin sejalan dengan kebutuhan serta dinamika sektor industri, termasuk dalam menjawab disrupsi teknologi,” harapnya.

Peletakan batu pertama gedung di kawasan Kampus Undip Tembalang ini dilakukan beriringan dengan kegiatan seminar Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia (Himpuni). Acara dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga Ketua Presidium HIMPUNI, Rektor Undip Yos Johan Utama dan Dekan Sekolah Vokasi Undip Budiyono.

Pembangunan kampus yang meliputi sayap kiri, berikut area selasar kampus diharapkan tuntas pada tahun depan. Gedeng ini nantinya menaungi ruang Pengelolaan Dekanat, ruang Administratif, ruang Departemen Sipil & Perencanaan, ruang Departemen Teknologi Industri, ruang Departemen Bisnis & Keuangan dan juga ruang Departemen Informasi & Budaya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa ini salah satu inisiasi yang luar biasa. Banyak contoh negara besar maju karena vokasi. “Presiden berulang kali, bukan satu kali, mungkin 10 kali mengharapkan kita mengembangkan vokasi,” katanya.

Budi Karya mengakui vokasi memberikan suatu yang baik. Apalagi lapangan kerja di Indonesia banyak sekali.

“Saya ucapkan selamat kepada Undip. Terima kasih kepada Sinar Mas, semoga apa yang dilakukan ini menjadi satu value bagi bangsa dan ditiru di tempat lain oleh swasta yang lain dan universitas yang lain,” ujar Menhub.

Sinar Mas sendiri merupakan salah satu industri nasional yang dibangun pertama kali oleh Eka Tjipta Widjaja. Saat usia 15 tahun, dia memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya di Makassar, Sulawesi Selatan, persisnya pada 3 Oktober 1938 silam. Kini Sinar Mas berkembang menjadi sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri.

Melalui pilar usaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur, Sinar Mas menjadi salah satu industri nasional yang memiliki sekitar 380.000 orang karyawan. (sen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!