Harga Ayam Terus Anjlok, Peternak Terancam Gulung Tikar – Rakyat Jateng
EKONOMI BISNIS

Harga Ayam Terus Anjlok, Peternak Terancam Gulung Tikar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Harga ayam potong terus mengalami penurunan sejak awal tahun ini. Saat ini harga ayam hidup lepas kandang menyentuh harga Rp 15 ribu per kg. Turun Rp 3.500 dari harga sebelumnya yakni Rp 18.500 per kg.

Dengan kondisi ini, Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) pedaging pun mendesak pemerintah untuk turun tangan mengatasi anjloknya harga ayam ini.

“Kalau harga terus anjlok, ini bisa mengancam kelangsungan peternak. Para peternak terancam gulung tikar karena banyak yang terus merugi,” ungkap Ketua Pinsar Pedaging Jawa Tengah (Jateng) Parjuni, Kamis (28/2).

Parjuni menyampaikan, sampai saat ini belum ada sikap dari pemerintah untuk mengatasi anjloknya harga ayam. Bahkan sejak penurunan harga terjadi pada September sampai sekarang, belum ada tindakan apapun. Maka dari itu, pihaknya pun mendesak pemerintah mengambil sikap untuk mengatasi anjloknya harga. Salah satunya yakni melakukan penghentian budidaya yang dilakukan oleh pabrikan.

“Anjloknya harga ini karena pasokan yang melimpah di pasaran. Selain itu, pemerintah juga tidak melakukan pengendalian harga. Peternak terus mengalami kerugian antara Rp 5.000 sampai Rp 6.000 per ekornya,” imbuhnya.

Menurut Parjuni, selama ini peternak sudah mengambil pakan dan juga bibit dari peternak. Tetapi, justru peternak juga melakukan budidaya ayam potong. Hal ini yang kemudian menjadikan stok di pasaran menjadi melimpah.

“Kami meminta pemerintah untuk segera melakukan intervensi, sehingga harga bisa kembali stabil. Kalau tidak ada tindakan, kami akan menghadap ke pusat,” pungkasnya.

(JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!