DPR Perjuangkan Biaya Pengukuran Tanah Gratis dan Ditanggung Pemerintah – Rakyat Jateng
NASIONAL

DPR Perjuangkan Biaya Pengukuran Tanah Gratis dan Ditanggung Pemerintah

Andi Mariattang.

JAKARTA, RAKYATJATENG – Andi Mariattang, S.Sos anggota DPR RI dari Dapil Sulsel II menjelaskan bahwa sekarang ini pihaknya sedang fokus membahas rancangan UU Pertanahan. Ia berharap proses berjalan lancar dan sudah bisa ditetapkan tahun ini.

Menurutnya, beberapa alasan UU Pertanahan mendesak ditetapkan. Pertama; UU Pertanahan yang ada selama ini selain produk lama dan sudah banyak tidak adaptif kondisi sekarang, masih banyak adopsi dari produk Belanda.

Kedua, dengan adanya rancangan UU yang ada sekarang setidaknya diharapkan memberi solusi persoalan pertanahan.

Menurutnya salah satu poin penting yang diatur dalam RUU tersebut adanya jaminan oleh negara untuk melakukan pengukuran secara gratis bagi tanah warga.

“Kami di Panja Komisi II DPR RI berjuang betul biaya pengukuran tanah ditanggung negara melalui APBN,” ujamya.

Andi Mariattang yang juga anggota Panja RUU Pertanahan menambahkan, klausul lain yang diatur dalam RUU pertanahan ini ada dikenal istilah TORA yakni Tanah Objek Reformasi Agraria. Ini khususnya dengan tanah negara yang tidak diperpanjang lagi izin HGU-nya. Atau tanah tumbuh dan lain sebagainya.

“Dalam RUU tersebut diatur akan dimanfaatkan dan dibagikan kepada orang miskin. Warga yang belum punya lahan. Siapa saja memenuhi kriteria. Mantan karyawan di perusahaan. Buruh. Bahkan saya mendorong termasuk para da’i,” ujarnya. (yon)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!