Ke Semarang, Iriana Tinjau Tes IVA dan Ajak Anak-anak Minum Susu

oleh

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota Semarang, Jumat (4/1). Didampingi rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK), ia meninjau langsung kegiatan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan sosialisasi deteksi dini kanker di Puskesmas Karangmalang, Kecamatan Mijen.

Iriana bersama rombongan menumpang sejumlah bus ukuran sedang sewaktu menuju ke lokasi. Sebelumnya, di sepanjang jalan yang dilalui iring-iringan pun penuh warga menyapa sambil memegang bendera merah putih, utamanya anak-anak sekolah dasar.

Sesampainya di lingkungan Puskesmas, Iriana lantas membaur dengan pasien tes IVA yang mengantre serta mendengarkan pengarahan. “Tadi ibu-ibu ke sini tidak dipaksa, kan? Tidak cemas? Semoga hasilnya baik semua,” kata Iriana menyapa para ibu-ibu di sana.

“Ini juga untuk suami. Ibu sehat suaminya senang,” sambungnya dilanjutkan pembicaraan singkat kepada salah beberapa pasien.

Tak lama setelahnya, alumnus SMAN 3 Surakarta itu menuju halaman belakang Puskesmas. Disambut puluhan siswa dari sejumlah Sekolah Dasar dan anak-anak panti asuhan.

Pada kunjungannya kali ini, anak-anak di sana turut diajak minum susu. Sebagaimana diketahui, ini adalah gerakan yang digalakkan Pemerintah Kota Semarang dalam mengedepankan upaya hidup sehat sejak dini.

Sebelum beranjak, ia berpesan agar anak-anak dapat meluangkan waktu masing-masing untuk kegiatan positif. “Jangan lupa berdoa, belajar, dan olahraga,” ujarnya sambil membagikan bingkisan kepada anak-anak.

Terpisah, Anasih selaku Kepala Puskesmas Karang Malang, mengaku sangat berterimakasih atas kunjungan RI 3 ini ke tempatnya. Meski jauh, bahkan bisa sampai 40 menitan dari jantung kota.

Dirinya berharap, apa yang disampaikan Iriana tadi mampu dipahami betul-betul. Sehingga, yang namanya penyakit kanker serviks bisa dicegah.

“Ini ada 200 peserta yang mau diperiksa. Mereka ibu-ibu sebenernya mau diperiksa, namun jadwalnya yang tidak setiap hari, ini sangat antusias. Terimakasih, semoga pesan di sini bisa disampaikan ke orang-orang lain,” imbuhnya.

Iriana dan rombongan Oase sesuai jadwal melanjutkan perjalanan ke SD Al Azhar 29. Di sana ibunda dari Gibran, Kahiyang, dan Kaesang itu rencananya bakal memberikan sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba.

 

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.