Joglosemarkerto sudah Diresmikan Pagi Ini, Meluncur Perdana di Tiga Stasiun Sekaligus – Rakyat Jateng
RAKYAT SEMARANG

Joglosemarkerto sudah Diresmikan Pagi Ini, Meluncur Perdana di Tiga Stasiun Sekaligus

LAUNCHING: Peresmian KA Joglosemarkerto oleh jajaran PT KAI DAOP IV Semarang dan Pemprov Jateng di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (1/12). (Tunggul Kumoro/JPC)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kereta Api (KA) Komuter Joglosemarkerto resmi meluncur. Peluncuran dilakukan hari ini, Sabtu (1/12) di tiga stasiun sekaligus, yakni Stasiun Purwokerto, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Di Semarang, peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Executive Vice President PT KAI Daop IV Semarang dan Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Apriyono Wedi Chresnanto. Beserta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono.

“Terdapat tiga titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu Stasiun Semarang Tawang pada jam 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan jam 06.00 WIB, dan Stasiun Purwokerto jam 05.00 WIB,” jelas Yosita seusai pemotongan pita.

INFOGRAFIS: Kereta Api Joglosemarkerto (Rofiah Hidayat/JPC)

Untuk kereta yang berangkat dari Stasiun Tawang Semarang ini rencananya menempuh rute mengelilingi kota-kota di Jawa Tengah, melalui Purwokerto lalu ke Jogjakarta. Sebelum pada akhirnya kembali lagi ke Stasiun Tawang pada pukul 17.08 WIB.

“Tarif KA Joglosemarkerto sendiri, terbagi dalam berbagai macam golongan. Besaran tarifnya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan keretanya, eksekutif atau ekonomi. Dimana dalam masa perkenalan KA ini, KAI memberikan diskon khusus sebesar 10 persen,” sambung Yosita.

Sementara Sekda Sri Puryono mengapresiasi hadirnya KA Joglosemarkerto ini. Ia mengharap kehadiran KA yang melayani relasi Semarang-Solo-Jogjakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal Pekalongan ini mampu menunjang sektor pariwisata serta perdagangan.

“Orang berkeliling dari Jateng ke DIJ ini tersedia moda murah, cepat, dan nyaman. Ini bukan untuk tujuan bisnis, tapi juga pariwisata. Makanya tadi saya sampaikan, kabupaten/kota yang di KA ini transit, seperti ke Tegal, nanti ke Guci, kemudian ke Sate Balibulnya, Purwokerto ke Baturaden, Jogja, Solo juga begitu,” terangnya panjang.

Sehingga pertumbuhan ekonomi ke depannya bisa tercipta di dua provinsi. Sembari menyediakan layanan transportasi terbaik bagi masyarakatnya. “Perlu juga ada sosialisasi bahwa KA ini ada. Biro travel digandeng, Pemda bikin juga sarana transportasi ke tempat-tempat wisata tadi,” cetusnya.

Salah satu calon penumpang, Narwati, 60, mengaku tak sabar merasakan sensasi bepergian dengan KA Joglosemarkerto. Perjalanan kali ini, Ia hendak bepergian bersama sesama rekan pensiunan di Dinas Pertanian Provinsi Jateng ke Purwokerto.

“Mau wisata rame-rame ke Baturaden ini mas. Kalau ditanya senang ya senang, apalagi ini sekarang bisa muter ke mana-mana ya. Harganya juga nggak mahal-mahal banget,” ujarnya sumringah.

Dalam kesempatan ini, Sri Puryono berkesempatan menjadi Pengawas peron yang bertugas meniup peluit tanda keberangkatan kereta. KA Joglosemarkerto Semarang-Solo pun akhirnya resmi meluncur dengan pemberhentian pertama Weleri pukul 06.59 WIB. (apl/gul/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!