Safari Politik di Solo, Ma’ruf Amin: Santri Harus Bangkit Menjaga NKRI – Rakyat Jateng
POLITIK

Safari Politik di Solo, Ma’ruf Amin: Santri Harus Bangkit Menjaga NKRI

CAWAPRES MA'RUF AMIN USAI MENGUNJUNGI PONPES AL MUAYYAD, LAWEYAN, SOLO, RABU (24/10). (ARI PURNOMO/JPC)

SOLO, RAKYATJATENG – Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, KH Ma’ruf Amin meminta restu kalangan santri dan kyai di wilayah Eks Karisidenan Surakarta, Rabu (24/10).

Pasangan calon presiden Joko Widodo itu memanfaatkan kesempatan safari politiknya selama berada di Solo. Pertama, silaturahmi dengan para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muayyad Mengkuyudan, Laweyan.

Di sana, Ma’ruf berdialog dengan para santri. Termasuk pengurus Ponpes Al Muayyad seperti KH Dian Nafi, KH Abdul Rozaq Shofawi, KH Abdul Mu’id Ahmad, dan KH Muhammad Idris Shafawi. Ma’ruf meminta doa restu untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

”Saya juga termasuk santri, tapi kali ini saya datang sebagai calon wakil presiden. Jadi saya meminta doa restu kepada santri dan kyai supaya bisa memenangkan pilpres 2019 bersama pak Jokowi,” jelas Ma’ruf.

Pada kesempatan itu, Ma’ruf juga mengajak kalangan santri memaknai Hari Santri Nasional sebagai momentum kebangkitan santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Tantangan dalam menjagai NKRI saat ini berbeda dengan dulu. Kalau dulu perang melawan penjajah, sekarang perangnya melawan ideologi dan pemahaman yang mengancam keutuhan NKRI,” imbuhnya.

Dia mencontohkan seperti halnya gerakan separatis yang hingga kini masih terjadi di Papua. Peran santri diperlukan untuk mencegah munculnya bibit-bibit gerakan serupa di berbagai daerah. ”Santri harus bangkit untuk menjaga keutuhan NKRI,” jelasnya.

Ma’ruf kemudian melanjutkan agenda ke Klaten. Di antaranya silaturahmi dengan kelurga besar Ponpes Popongan, Ponpes Pancasila Sakti, dan pengajian di Sunan Gribig Jatinom. (rs/adi/per/JPR/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!