Pengiriman Surat di Kantor Pos Anjlok 80 Persen – Rakyat Jateng
DAERAH

Pengiriman Surat di Kantor Pos Anjlok 80 Persen

SOLO, RAKYATJATENG – Kemajuan teknologi berimbas pada penurunan volume pengiriman surat pribadi. Melalui PT Pos Indonesia. Kendati untuk wilayah tertentu, masih menggunakan surat pribadi sebagai sarana komunikasi.

Fenomena ini diakui Manajer Penjualan Kantor Pos Besar Gladak Solo, Dwi Agus Wijanarko. Dia mengaku pengiriman surat pribadi sudah jauh berkurang. Dari data yang dimiliki, penurunan mencapai 80 persen.

”Ya karena teknologi sekarang terus maju dan berkembang,. Orang lebih memilih menggunakan handphone untuk sarana berkomunikasi jarak jauh dibandingkan dengan surat-menyurat. Meskipun untuk beberapa wilayah terpencil surat juga masih digunakan. Namun persentasenya sedikit sekali,” terang Dwi saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (8/10).

Penggunaan ponsel sudah merambah hampir di semua kalangan. Ponsel kini lebih diandalkan dengan cepat dibandingkan surat. ”Beberapa daerah di Wonogiri dan Sragen terkadang masih banyak yang berkirim surat. Apalagi banyak warga di sana yang bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia, red) di luar negeri. Sehingga surat-menyurat masih dilakukan,” tandas Dwi.

Meskipun pengiriman surat secara pribadi sudah berkurang drastis, namun untuk korporasi justru mengalami peningkatan. Perusahaan dengan kebutuhan perbankan dan periklanan masih sering memanfaatkan surat-menyurat.

”Hanya saja kami memang tidak punya rincian data, berapa pengiriman surat pribadi dan pengiriman surat perusahaan. Selama ini kami membedakannya melalui surat kiriman kilat dan biasa,” terangnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Kantor Pos Besar Gladak, total pengiriman surat pada September 2018 sebanyak 79.413 pucuk. Rinciannya surat kilat khusus 15.502 pucuk, pos ekspres dokumen 2.076 pucuk, dan EMS dokumen 61 pucuk.

”Kami memang tidak memisahkan kiriman dalam bentuk surat pribadi atau perusahaan. Tapi lebih ke jenis pengirimannya. Seperti pengiriman kilat khusus atau biasa,” urai Dwi. (rs/vit/per/JPR/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!