Telepon Jokowi, Trump Siap Beri Bantuan Gempa Sulteng

oleh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucapkan bela sungkawa atas gempa bumi dan tsunami yang menimpa Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat, (28/9). Hal itu disampaikan Trump saat berbicara melalui saluran telepon dengan Presiden RI Joko Widodo.

“Presiden Trump menyampaikan belasungkawa atas gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, Indonesia, pada tanggal 28 September 2018,” kata keterangan pers yang diterima JawaPos.com melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia.

Selain ucapan, Trump juga menawarkan bantuan untuk para korban dan keluarga mereka. Trump juga menghargai kepemimpinan Pemerintah Indonesia dalam menanggapi krisis.

“Presiden menawarkan untuk memberikan bantuan segera dan siap bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk mengidentifikasi bantuan tambahan dari Amerika Serikat sebagai upaya dukungan terbaik,” lanjut keterangan tersebut.

Seperti diketahui bahwa Indonesia telah memperbolehkan bantuan dari luar negeri. Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri, sudah ada tim nasional yang akan menyortir bantuan dari negara-negara lain.

Negara-negara yang sudah memberikan tawarannya antara lain Amerika Serikat, Uni Eropa, Perancis, Swiss, Norwegia, Jepang, Australia, New Zealand, Singapura, Thailand, Tiongkok, dan India. (iml/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *