Kementan Galang Donasi Bantuan Korban Gempa Sulteng dan Lombok, Terkumpul Rp30 Miliar – Rakyat Jateng
NASIONAL

Kementan Galang Donasi Bantuan Korban Gempa Sulteng dan Lombok, Terkumpul Rp30 Miliar

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

JAKARTA, RAKYATJATENG – Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) tak hanya menggalang dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Mereka juga menggalang dana untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mentan RI, Andi Amran Sulaiman menjelaskan, bantuan yang terkumpul dari para donatur swasta dan pegawai di lingkungan Kementan sudah mencapai Rp 30 miliar.

“Sudah ada bantuan masuk secara sukarela dari dalam dan luar Kementerian Pertanian. Ada untuk Palu Rp 10 miliar dan Lombok ada Rp 20 miliar. Total kontribusi pertanian mengumpulkan dan sukarela kurang lebih Rp 30 miliar,” jelasnya usai upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Upacara Kantor Pusat Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (1/10).

Dia menjelaskan, bantuan dari para donatur, utamanya dari pihak swasta tidak hanya berupa uang, tapi juga berupa barang-barang yang dinilai sangat dibutuhkan oleh para korban selamat.

“Pihak swasta, ada yang menyumbang dalam bentuk minyak goreng, ayam, telur, beras, tenda, selimut, dan seterusnya, beberapa diantara mereka tidak ingin disebutkan namanya, tapi kami berterima kasih. Karena dengan sukarela mereka ramai-ramai memberi bantuan,” jelas Amran.

Sebagian bantuan untuk korban gempa Lombok sudah disalurkan ke para korban yang membutuhkan. Ada pun untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah rencananya mulai akan disalurkan pada Kamis (4/10) nanti. [jto/rmol]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!