Gelar Apel Bersama, TNI-Polri Siap Amankan Pemilu 2019

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar apel bersama di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (18/9).

Diikuti tiga ribu personel dari kedua institusi, upacara tersebut dipimpin langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tito mengatakan, apel yang digelar terpusat pagi ini, dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019 dengan sandi Mantap Brata 2018. Kata dia, pemilu nanti terbilang unik karena digelar serentak mulai dari presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif baik DPR, DPD, DPRD tingkat 1 dan 2.

Sehingga dirediksi akan terjadi kompetisi tingkat nasional dan juga tingkat daerah. “Bahkan di satu partai pun terjadi kompetisi karena adanya nomor urut dari partai masing-masing,” ujar Tito dalam amanatnya di lokasi, Selasa (18/9).

Oleh karena itu kerawanannya berskala nasional dan juga daerah. Apalagi dengan adanya Parliamentary Threshold bahwa partai yang tidak bisa mencapai jumlah anggota legislatif di DPR sebanyak empat persen, akan dibubarkan.

“Keadaan ini perlu kita waspadai bersama. Oleh karena itu Kepolisian gelar Operasi Mantap Brata 2018 meskipun berlanjut ke 2019 yang berlangsung selama 397 hari, dimulai hari Kamis, 20 september sampai dengan 367 hari ke depan,” jelas Tito.

Kurun waktu tersebut juga mengantisipasi adanya pemilihan suara ulang hingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 September 2019.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bangga melihat soliditas jajarannya bersama Polri yang berlangsung sejak pengamanan Idul Fitri tahun ini.

“Saya dan Kapolri sangat bangga dengan kalian semua telah menunjukan soliditas dan sinergitas di lapangan,” tuturnya yang juga memberi amanat kepada seluruh pasuka yang hadir.

Dengan bersatunya TNI dan Polri, dipastikan bisa memberi Saya melihat sendiri seorang prajurit rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia. “Apabila prajurit TNI dan Polri solid dan bersinergi maka saya yakin stabilitas keamanan nasional tetap akan terjaga,” tegasnya.

Lebih lanjut Hadi menerangkan, dalam pengamanan Pemilu 2019 nanti, TNI menyiapkan pasukan sesuau dengan permintaan Polri.  “Dan semua komando kendali kita serahkan ke Polri,” tukasnya. (dna/JPC)

  • Bagikan