HNW: Mengancam UAS Berceramah Itu Aneh

JAKARTA, RAKYATJATENG – Pendakwah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) mendapat ancaman dan intimidasi saat akan melakukan taushiyah di Pulau Jawa.

Ustaz yang kental dengan logat melayu itupun memilih untuk membatalkan jadwal ceramahnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Dalam akun Instagram @ustadzabdulsomad, UAS menjelaskan bahwa dirinya tidak ingin beban panitia semakin berat. Dia juga tidak ingin kondisi psikologi jamaah tertekan.

“Maka, saya membatalkan beberapa janji di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Pertama, September di Malang, Solo, Boyolali, Jombang, Kediri. Kedua, Oktober di Yogyakarta. Ketiga, Desember janji dengan Ustaz Zulfikar di daerah Jawa Timur,” ujarnya, Minggu (2/8).

“Mohon maaf atas keadaan ini, harap dimaklumi dan mohon didoakan selalu,” sambung UAS.

Ancaman ceramah ini mendapat tanggapan langsung dari Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Menurutnya, ancaman terhadap UAS untuk berceramah adalah aneh.

“Membiarkannya terjadi di negara hukum, sampai dibatalkannya ceramah-ceramah UAS, lebih aneh lagi,” ujar politisi PKS itu di akun Twitter @hnurwahid

Apalagi, sambung Hidayat, aparat pasti mengerti, UAS pernah diundang berceramah dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa pimpinan lembaga negara.

“Bahkan UAS pernah sepanggung dengan Kapolri di Adz-Dzikra,” tukasnya. [ian/rmol]