Citizen Reporting: KKN Undip Semarang Ajak Perangkat Desa di Temanggung Terapkan 3S

  • Bagikan

TEMANGGUNG, RAKYATJATENG – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang tergabung dalam Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip menggelar kegiatan edukasi dan pendampingan kepada perangkat Desa Traji berupa Senyum, Sapa, Salam (3S) di Balai Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Sabtu (11/8).

Berawal dari permasalahan pelayanan publik yang dinilai belum dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) bersama Undip melaksanakan Program Revolusi Mental dengan tema “Indonesia Melayani”. Salah satu agenda program ini adalah edukasi 3S.

Edukasi 3S disampaikan untuk meningkatkan pelayanan yang prima guna mendapatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat.

Selain itu, tim KKN Undip juga melakukan sejumlah program Gerakan Indonesia Melayani lainnya yaitu pendampingan dalam keterbukaan informasi publik dengan berorientasi pada pelayanan yang cepat, tepat, dan murah dengan pelayanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Tim KKN Undip berusaha menanamkan kembali jiwa melayani dengan setulus hati kepada perangkat desa. Gerakan ini difokuskan pada penanaman nilai integritas melalui implementasi Gerakan Indonesia Melayani dalam rangka Revolusi Mental untuk memperbaiki ketidaksesuaian dan penyimpangan dalam proses pelayanan publik demi Indonesia yang lebih baik.

“Senyum itu Sedekah, Salam itu Sunnah, Sapa itu pengerat Ukhuwah,” ujar Salma, pemateri dari tim KKN Undip.

Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini yaitu dapat terwujudnya pelayanan publik yang baik di lingkup desa. Pengamalan 3S merupakan aksi nyata “Indonesia Melayani” yang mudah, murah dan bernilai luhur.

(Laporan: Ratu Nur Mustika, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Undip Semarang/sen)

  • Bagikan