Dikunjungi Perwira Siswa Negara Sahabat, Danrem Yogyakarta Jelaskan Tentang Bela Negara – Rakyat Jateng
DAERAH

Dikunjungi Perwira Siswa Negara Sahabat, Danrem Yogyakarta Jelaskan Tentang Bela Negara

YOGYAKARTA, RAKYATJATENG – Korem 072/Pamungkas Yogyakarta mendapat kunjungan dari Perwira Siswa Negara sahabat yang sedang mengikuti pendidikan Sesko TNI dalam rangka pengenalan budaya Indonesia, khususnya tentang budaya Yogyakarta.

Kunjungan Perwira Siswa Negara sahabat tersebut diterima oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni didampingi Kasrem dan para Kasi Korem 072/Pamungkas di ruang kerja Danrem, Selasa (7/8).

Perwira Siswa Negara Sahabat Sesko TNI terdiri dari 5 orang yaitu Kolonel Kennet Bowes dari Australia, Kolonel Ramana Kavana dari Madagaskar, Kolonel Ng Pak Shun dari Singapura, Kolonel Anshul Kishore dari India dan Kolonel Nazarudin dari Malaysia dengan Perwira pendamping Kolonel Arm Jauhari Agus.

Dalam sambutannya, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengucapkan selamat datang kepada para Perwira Siswa Negara sahabat Sesko TNI di Makorem 072/Pamungkas.

Selanjutnya Danrem memberikan penjelasan kepada para Perwira Siswa Negara Sahabat Sesko TNI tentang kedudukan Korem 072/Pamungkas. Menurutnya, Korem 072/Pamungkas membawahi 10 Kodim yang terletak di dua wilayah yaitu 5 Kodim di Provinsi Daerah Istemewa Yogyakarta dan 5 Kodim berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu di wilayah eks Kesisidenan Kedu serta 1 Batalyon Infanteri 403/WP.

Dengan berbekal pengalaman dan sekolah di Luar Negeri dengan fasih berbahasa Inggris, Danrem juga menjelaskan tentang situasi Yogyakarta yang sampai saat ini dalam keadaan aman dan kondusif sehingga banyak wisatawan baik dari mancanegara maupun domestik.

“Daerah Istimewa Yogyakarta juga disebut sebagai miniatur Indonesia, karena semua suku ada di Yogyakarta. Terutama untuk mahasiswa dan pelajar yang sedang menuntut ilmu, karena di Yogyakarta ini banyak perguruan tinggi baik yang negeri maupun swasta, Bahkan mahasiswa dari mancanegara juga banyak yang kuliah di Yogyakarta dan juga mempelajari budaya masyarakat Yogya,” kata Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Dijelaskan tentang keistimewaan Yogyakarta ini karena gubernurnya adalah Raja Yogyakarta, sehingga tidak perlu ada pemilihan gubernur. Selain itu juga banyak Tokoh Nasional yang tinggal di Yogyakarta.

Masih menjawab pertanyaan dari Perwira Siswa Negara Sahabat Sesko TNI Kolonel Kennet Bowes dari Australia tentang hubungan Resimen Mahasiswa dengan TNI, Danrem menjelaskan bahwa pembentukan Resimen Mahasiswa tidak ada hubungannya dengan TNI. Mereka murni bentukan dari kampus masing-masing sebagai unsur keamanan internal.

Namun saat ini muncul kesadaran sendiri dari kampus untuk melatih kesadaran tentang bela negara. “Bahkan saat ini bukan hanya dari mahasiswa saja yang menginginkan pelatihan bela negara tetapi dari pelajar juga mulai tumbuh dan meminta TNI untuk melatihnya,” ungkap Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Selain mengunjungi Korem 072/Pamungkas, Perwira Siswa Negara Sahabat Sesko TNI selama di Yogyakarta juga direncanakan mengunjungi Sritex Solo. Kemudian dilanjutkan ke Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Museum Yogya kembali dan Museum Batik Yogyakarta.

Hal ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat lagi tentang kekayaan budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia, terutama yang berada di Yogyakarta. (sen/yon)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!