Lolos Seleksi, 250 Taruna Akpol Akan Dikirim ke Akmil Magelang

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sidang Penetapan Kelulusan Tahap Akhir Penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2018 digelar di Gedung Cendekia Akpol, Jumat (27/7).

Panitia Pusat seleksi calon taruna Akpol telah mengumumkan sebanyak 250 nama calon taruna dan taruni yang lolos seleksi. Jumlah tersebut terbagi dari 220 taruna dan 30 taruni.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, 250 taruna yang lolos dalam seleksi tahun ini selanjutnya akan berangkat menuju Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk mengikuti latihan dasar bersama.

“Akan dikirim ke Akmil Magelang pada 1 Agustus nanti untuk mengikuti latihan dasar bersama-sama dengan taruna tiga angkatan lainnya selama tiga bulan. Lalu kembali lagi ke Akpol Semarang,” katanya.

Arief mengungkapkan proses seleksi selama 25 hari berjalan lancar tidak ditemui kendala yang tak diinginkan. “Seleksi berjalan lancar, tidak ada temuan penipuan terhadap orang tua calon, tak ada praktik calo dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, jika dilihat dari kesehatan serta kesamaptaan jasmani, kualitas para taruna baru pada tahun ini jauh lebih baik dibanding seleksi tahun sebelumnya.

Meski demikian, lanjut dia, terdapat catatan penting dalam seleksi tahun ini. Sebagian besar calon taruna yang gagal tahun ini nilai ujian akademiknya rendah, sehingga hal tesebut menjadi catatan penting bagi calon taruna yang akan mengikuti seleksi tahun depan.

“Menjadi catatan bagi adik-adik untuk ujian taruna kedepan. Bobot seleksi akademis paling besar, 40 persen, jadi tak hanya fisik saja tapi akademik sangat menentukan,” tambahnya.

Kendati demikian, lanjutnya, bagi calon taruna yang gagal pihaknya memberikan opsi dengan membuka kesempatan untuk masuk di Bintara. Bahkan secara langsung diterima tanpa ikut tes seleksi.

“Silakan yang gagal masih bisa mengabdi di kepolisian dengan mendaftar Bintara, langsung masuk tidak tes lagi. Calon taruna yang ingin masuk Bintara meski tidak mengikuti seleksi tes, tetap akan mengikuti pendidikan Bintara selama tujuh bulan,” tambahnya. (sen/yon)

  • Bagikan