Tidak Semua Parpol di Kota Semarang Penuhi Kuota 50 Bacaleg – Rakyat Jateng
POLITIK

Tidak Semua Parpol di Kota Semarang Penuhi Kuota 50 Bacaleg

SEMARANG, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang telah menerima dokumen pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dari 16 partai politik (parpol) untuk Pemilu 2019.

Ada 691 orang mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPRD Kota Semarang periode 2019-2024. Data persyaratan mereka kini sedang diteliti.

“Setelah penutupan pendaftaran pada 17 Juli lalu, saat ini tahapannya kami sedang melakukan verifikasi dan pencocokan data bacaleg yang total jumlahya 691 tersebut,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, Kamis (19/7).

Henry Wahyono mengungkapkan, proses verifikasi dan pencocokan data bacaleg itu saat ini sedang memasuki tahap keabsahan ijazah dengan menggandeng Dinas Pendidikan Kota Semarang. Setelah selesai hasilnya akan langsung disampikan kepada parpol masing-masing.

“Diperkirakan (proses verifikasi) akan berlangsung selama dua hari, selanjutnya (hasilnya) akan disampaikan ke parpol,” ungkapnya.

Setelah itu, bacaleg diberikan waktu untuk memperbaiki kekurangan, bagi yang perlu ada perbaikan persyaratan, mulai dari tanggal 22-31 Juli nanti.

Lebih lanjut Henry menambahkan, untuk 16 peserta parpol di tingkat Kota Semarang yang dinyatakan bisa ikut pemilu semuanya telah mendaftarkan bacalegnya. Namun tidak semuanya memenuhi kuota 50 bacaleg sesuai dengan jumlah kursi DPRD Kota Semarang sebanyak 50 kursi. (sen/yon)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!