Hari Ini Jokowi Resmikan Tol Solo-Ngawi – Rakyat Jateng
EKONOMI BISNIS

Hari Ini Jokowi Resmikan Tol Solo-Ngawi

SOLO, RAKYATJATENG – Jika sebagian ruas Jalan Tol Solo-Ngawi beroperasi, diyakini dapat mengurangi beban arus lalu lintas di jalur arteri Kota Solo.

Selama ini, kendaraan baik yang berasal dari Semarang maupun Yogyakarta, harus melalui jalur arteri terlebih dahulu bila ingin menuju ke arah Sragen.

“Solo ini kan tidak punya ring road ya, sehingga semua kendaraan harus menuju kota Solo kalau menuju ke arah Sragen dan Karanganyar,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno, Sabtu (14/7).

Dalam kondisi normal, David mengatakan, masyarakat butuh waktu paling tidak satu jam lebih untuk menuju Sragen dari Solo.

Dengan kelak beroperasinya segmen ini, waktu perjalanan masyarakat bisa ditempuh hingga 50 persen. “Jadi itu bisa 30 menit (waktu tempuhnya),” cetus David.

Hari ini, Minggu (15/8), Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilometer.

Secara keseluruhan, panjang tol ini mencapai 90,43 kilometer.

David mengatakan, setidaknya sudah ada empat kilometer dari ruas tol ini yang telah beroperasi yaitu untuk segmen yang berbatasan dengan Tol Ngawi-Kertosono, mulai dari Simpang Susun Ngawi-Klitik.

Sementara, untuk ruas Sragen-Ngawi sepanjang 50,8 kilometer, saat ini pekerjaan konstruksi telah mencapai 93,51 persen dan pembebasan lahan mencapai 97,88 persen.

Pekerjaan fisik yang tersisa yakni pembangunan lima overpass yang belum bisa dilaksanakan karena pembebasan lahan yang belum selesai.

Meski demikian, ia berharap, proses pembebasan lahan itu tidak akan memakan waktu lama, sehingga pekerjaan konstruksi dapat dilanjutkan. (kc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!