Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jateng I Tumbuh 6,18 Persen – Rakyat Jateng
EKONOMI BISNIS

Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jateng I Tumbuh 6,18 Persen

SEMARANG, RAKYATJATENG – Realisasi penerimaan pajak Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I sampai dengan semester I tahun ini mencapai Rp 12,56 triliun. Pencapaian tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 6,18 persen bila dibanding dengan periode yang sama dari tahun sebelumnya.

“Jumlah tersebut telah memenuhi 38,85 persen dari target penerimaan tahun 2018 sebesar Rp 32,33 triliun,” ujar Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Irawan, kemarin.

Dengan rincian, Pajak Penghasilan (PPh) Non Migas Rp 6,08 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar Rp 6,32 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan sebesar Rp 25,89 triliun, kemudian sisanya sebesar Rp 126,01 miliar disumbang oleh pajak lainnya.

Kemudian dari segi kepatuhan, juga dinilai mengalami peningkatan. Dilihat dari peningkatan jumlah Wajib Pajak (WP) yang terdaftar. Sampai dengan Semester I WP baru yang terdaftar berjumlah 74.039, tediri dari 4.132 WP Badan, 50.431 WP Orang Pribadi (OP) Karyawan, 19.339 WP OP Non Karyawan dan 137 WP Bendaharawan.“Dari penambahan tersebut, berkontribusi dengan total jumlah pembayaran pajak sebesar Rp 46,5 miliar,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya optimistis target penerimaan tahun ini dapat tercapai. Beberapa upaya juga telah dilakukan diantaranya dengan menggali potensi-potensi pajak melalui basis data yang ada saat ini. Termasuk juga dengan adanya penurunan tarif PPh Final bagi WP Usaha Mikro Kecil Menengah.

“Awalnya memang akan menurun, karena dari 1 persen menjadi 0,5 persen. Tapi dengan penurunan ini diharapkan, banyak UMKM yang ikut berpartisipasi, sehingga ke depan justru akan meningkatkan penerimaan,” ujarnya.

Penerimaan pajak, lanjutnya, sangat ditentukan oleh kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. “Kami mengharap komitmen dari seluruh WP agar ke depannya dapat menjadi WP yang patuh,” ujarnya. (dna/bas/rsm)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!