Tak Ada Gugatan, 12 Juli KPU Jateng Umumkan Kemenangan Ganjar-Yasin – Rakyat Jateng
POLITIK

Tak Ada Gugatan, 12 Juli KPU Jateng Umumkan Kemenangan Ganjar-Yasin

Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah pada saat pengambilan nomor urut paslon di Hotel Patrajasa, Selasa (13/2) lalu.

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dinyatakan unggul atas pesaingnya Sudirman Said-Ida Fauziyah pada hasil rekapitulasi Pilgub Jateng 2018 yang selesai dilaksanakan Minggu (8/7) kemarin. Jika tak ada gugatan, hasil akan diumumkan dalam tiga hari ke depan.

Ganjar-Yasin dinyatakan unggul dengan perolehan sebanyak 10.362.694 suara. Sementara paslon nomor urut dua, Sudirman-Ida meraih 7.267.993 suara. Hasil itu didapat melalui proses rekapitulasi dari 63.973 TPS se-Jateng.

“Pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara disaksikan oleh Saksi Pasangan Calon, serta diawasi oleh Bawaslu Jateng,” ujar salah satu Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha, Senin (9/7).

Muslim menyebut, jika tak ada pengajuan gugatan oleh salah satu pihak paslon, maka hasil ini akan diumumkan tanggal 12 Juli 2018. “Kami beri waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke MK,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum sekaligus Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan niatnya untuk menggugat hasil keputusan Pilgub Jateng ke MK. Tim legal pun dikerahkan guna memelajari indikasi kejanggalan selama pelaksanaan Pilgub Jateng. Yakni terkait sekitar 3,7 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang meragukan.

Mantan Danjen Kopassus itu menyebut, jumlah DPT yang meragukan tersebut bisa sangat mempengaruhi jalannya pesta demokrasi di Jateng. Pasalnya, dari jumlah 27 juta pemilih tetap di Jateng, angka 3,7 juta itu sudah lebih dari 10 persen.

Dipaparkan pula sebelumnya oleh Tim Pemenangan Sudirman-Ida, bentuk DPT bermasalah itu sangat beragam. Dari nomor ganda, pemilih ganda, sampai nomor KTP yang tidak jelas. (gul/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!