Hari Ini Sosialisasi Pemagaran Bandara Ngloram Blora – Rakyat Jateng
DAERAH

Hari Ini Sosialisasi Pemagaran Bandara Ngloram Blora

Kawasan Ngloram rencananya akan direaktivasi sebagai bandar udara. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

BLORA, RAKYATJATENG – Rencana reaktivasi Bandar Udara Ngloram, Cepu, Kabupaten Blora, terus dilakukan. Hari ini Rabu (4/7) rencananya Kementerian Perhubungan dalam hal ini sebagai satkernya adalah Bandara Trunojoyo Sumenep dan pihak terkait Pemkab Blora akan melakukan sosialisasi. Yakni terkait pemagaran Bandara Ngloram, bertempat  di Pendapa Desa Ngloram, Kecamatan Cepu.

Untuk pemagarannya sebatas aset tanah bekas Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. Belum termasuk perluasan lahan. Warga sekitar juga masih diperbolehkan menggunakan tanah Bandara Ngloram. Misalnya untuk pertanian dan berjualan.

“Sekarang masih ada warung kecil di pinggir runway sebelah utara, dan nanti akan diberi pintu akses masuk. Sehingga pemagaran tersebut tidak akan mengganggu aktivitas warga sekitar bandara,” terang Tim Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandar Udara Ngloram, Cepu, Djati Walujastono, kemarin.

Dia menambahkan, satu hari berikutnya akan dilakukan presentasi awal rencana induk atau masterplan Bandara Ngloram, Cepu, di ruang bupati, Setda Blora.

“Maksud pembuatan masterplan Bandara Ngloram adalah sebagai pedoman yang diperlukan dalam rangka pembangunan dan pengembangan suatu bandar udara dan operasi penerbangan, serta analisis finansial sampai dengan tahun rencana,” tambahnya.

Diharapkan, Bandara Ngloram akan menunjang mobilitas dan lebih mendorong pertumbuhan ekonomi Blora. Seiring menggeliatnya pertambangan migas di wilayah Blok Cepu serta daerah hinterland-nya. Seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Grobogan, dan Ngawi.

“Direncanakan juga, perluasan Bandara Ngloram sampai di sekitar Stasiun KA Kapuan. Sehingga, diharapkan terminal bandaranya dekat dengan Stasiun Kapuan. Sehingga penumpang kereta bisa turun langsung di Stasiun Kapuan agar mudah menuju bandara,” terangnya. (ks/sub/aji/top/JPR/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!