Mengandung Janin Kembar? Ini Dia Tanda-tandanya – Rakyat Jateng
KESEHATAN

Mengandung Janin Kembar? Ini Dia Tanda-tandanya

ilustrasi: int

RAKYATJATENG – Kehamilan merupakan momen bahagia untuk pasangan suami-istri, terutama bagi Anda yang telah lama menanti kehadiran anak. Mengandung satu janin saja bahagianya tak terkira, apalagi jika Anda mengandung dua anak.
Menurut dr M Anggit Nugroho SpOG, kehamilan kembar adalah kehamilan dengan dua janin atau lebih. Kehamilan tersebut juga dikenal sebagai kehamilan gemeli.
“Ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang mengandung anak kembar. Yakni usia, etnis atau bangsa, dan keturunan atau genetik. Obat-obat induksi ovulasi, misalnya profertil dan hormon gonadotropin, juga dapat menyebabkan kehamilan dizigotik dan kembar lebih dari dua,” tutur dokter dari Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda itu beberapa waktu lalu.
Mengandung janin kembar, sambung dia, tidak jauh berbeda dengan gejala kehamilan satu anak. Jadi, gejalanya tidak bisa diketahui secara pasti, jika dilihat secara kasatmata. Tetapi, bisa diketahui melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG).
“Biasanya ibu juga bisa merasakan perbedaan pada kehamilan kembar, karena perut terasa lebih penuh dan berlebihan. Gerakan janin juga lebih banyak dirasakan, serta uterus atau rahim terasa cepat membesar,” terang Anggit.
Mual berlebihan atau ekstrem saat hamil juga bisa menjadi tanda Anda mengandung dua janin, karena meningkatnya kadar human chorionic gonadotropin (HCG) pada ibu hamil. Untuk mengetahui secara pasti, Anggit menyarankan memeriksa denyut jantung bayi.
“Pemeriksaan tersebut untuk menunjukkan adanya lebih dari satu denyut jantung yang terdengar di tempat agak berjauhan dengan perbedaan kecepatan minimal 10 denyut per menit dalam kandungan. Anda bisa USG sejak awal kehamilan, jika Anda yakin hamil gemeli,” tegas dia. (jpg/idp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!