Kapasitas Sudah Overload, Rutan Ini Malah Dapat Tambahan 10 Napi – Rakyat Jateng
DAERAH

Kapasitas Sudah Overload, Rutan Ini Malah Dapat Tambahan 10 Napi

Pengunjung besuk di Rutan Klas II B Purwodadi kemarin. Rutan ini overload hingga hampir dua kali lipat kapasitas normal. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

GROBOGAN, RAKYATJATENG – Kapasitas Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sudah overload. Namun dengan situasi ini, justru malah mendapatkan tambahan 10 nara pidana (napi) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pekalongan.

Kepala Rutan Klas II B Purwodadi Surakhmat melalui Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Bambang Sugiyono mengatakan, meski sudah overload pihaknya tetap harus menerima napi tambahan itu. Ini bentuk kerja sama sesama korps. Ketika salah satu mengalami masalah, lapas atau rutan lain harus siap meringankan.

”Saat ini Lapas Pekalongan dilanda banjir rob. Tembok belakang lapas roboh akibat rob. Jadi, napi harus dievakuasi,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Rutan Klas II B Purwodadi hanya memiliki kuota 125 napi. Saat ini telah menampung 241 napi. Jika terus bertambah, solusinya napi khusus hukuman berat akan dimutasi ke rutan yang lebih besar, seperti ke Pati atau Semarang.

Namun, untuk sementara ini pihaknya masih mengandalkan beberapa remisi untuk mengurangi jumlah napi. Seperti remisi umum saat HUT Kemerdekaan RI pada Agustus nanti.

”Lebaran kemarin ada 99 napi yang menerima remisi bebas. Saat 17-an Agustus nanti juga ada beberapa napi yang mendapat remisi bebas,” imuhnya. (ks/int/lin/top/JPR/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!