18 Juli, Orkes Keroncong Asal Amerika Manggung di Solo – Rakyat Jateng
DAERAH

18 Juli, Orkes Keroncong Asal Amerika Manggung di Solo

PANGGUNG GESANG: Vokalis OK Rumput Hannah standiford (kanan) didampingi Dosen ISI Solo Danis Sugiyanto saat jumpa pers, Selasa (3/7). (Ari Purnomo/JawaPos.com)

SOLO, RAKYATJATENG – Seni keroncong tidak hanya digemari masyarakat Indonesia. Musik asli tanah air itu juga diminati warga di seluruh dunia. Bahkan di Amerika, ada grup musik bernama Rumput yang fokus dengan musik keroncong. Orkes Keroncong (OK) Rumput akan tampil di Panggung Gesang, Solo Rabu (18/7) mendatang.

Koordinator Panggung Gesang Sadrah menjelaskan, OK Rumput merupakan satu-satunya grup musik keroncong dari Amerika. Nantinya selain memainkan musik keroncong, juga akan disajikan tradisi lain musik rakyat Amerika.

“Nanti OK Rumput menggunakan semacam wayang beber bernama crankies dan wayang kulit. Untuk musiknya memadukan dengan keroncong,” terang Sadrah, Selasa (3/7).

Selama ini, OK Rumput telah tampil di beberapa tempat. Seperti kedutaan besar di Washington DC, Universitas Cornell, Paris Van Java Mall di Bandung, dan beberapa tempat lainnya. “Melalui acara ini, OK Rumput berharap dapat membangun apresiasi untuk seni dan tradisi dari Amerika maupun dari Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, vokalis OK Rumput Hannah Standiford mengatakan, yang spesial dari gelaran kali ini adalah adanya pertunjukkan Akar: Keroncong meets Amerika. Akar menceritakan kisah Amerika, yakni Jack and The Beanstalk. “Nanti diiringi musik keroncong campuran dengan musik rakyat Amerika. Selain itu juga akan memainkan Crankies dan wayang kulit,” paparnya.

Selain menampilkan musik, nantinya juga ada diskusi dengan penonton mengenai karya dan pengalaman selama ini bermusik keroncong. (apl/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!