Prediksi Spanyol vs Rusia: Laga Kehormatan Tuan Rumah

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Rusia realistis menghadapi Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Minggu (1/7) malam WIB. Tim asuhan Stanislav Cherchesov itu bakal melakoni laga sulit lantaran secara materi pemain, permainan, dan sejarah, Spanyol punya keunggulan. Meski begitu, Rusia tak berarti menyerah sebelum bertanding. Mereka masih memiliki senjata lain yakni dukungan melimpah dari fans.

Secara kualitas pemain dan permainan, Rusia boleh kalah dari Spanyol. Namun, sebagai tuan rumah, Rusia memiliki senjata lain yakni dukungan melimpah dari fans. Hal itu bakal dijadikan sebagai motivasi untuk menghadapi La Furia Roja.

“Spanyol adalah salah satu tim terbaik di dunia. Kami akan dihadapkan sebuah kesulitan sendiri. Tapi, kami tetap harus optimistis karena akan didukung 80.000 fans di dalam stadion dan jutaan pendukung di depan layar televisi raksasa. Kami harus bisa memanfaatkan hal itu,” sebut gelandang Denis Cheryshev seperti dilansir FIFA.com.

“Peluang kami memang kecil. Tapi, kami tetap berharap bisa meraih kemenangan dan melaju sejauh mungkin di Piala Dunia ini. Kuncinya, kami tak boleh nervous. Spanyol memang kuat dan mereka favorit. Kami akan berusaha mengimbanginya dan kami juga punya peluang menang. Saya sendiri percaya akan itu,” imbuh Cheryshev.

Rusia memang tak boleh kalah sebelum bertarung. Ini merupakan momen pertama mereka berlaga di babak 16 besar Piala Dunia. Seperti diketahui, semenjak Uni Soviet bubar dan menjadi beberapa negara merdeka, kemudian menggunakan nama Rusia, ini pertama kali lolos ke babak 16 besar. Sebelumnya Rusia kandas di fase grup Piala Dunia 1994, 2002, dan 2014.

Tentu saja, Rusia tak ingin melewatkan kesempatan emas ini. Apalagi mereka bermain sebagai tuan rumah. Aleksandr Golovin cs bakal berjuang untuk membuat fans bangga.

Laga terakhir menghadapi Spanyol bakal dijadikan rujukan bagi Rusia bahwa mereka bisa memberikan ‘sakit’ bagi juara Piala Dunia 2010 tersebut. Pada laga pemanasan jelang Piala Dunia 2018, 14 November 2017, Rusia mampu menahan imbang 3-3 La Furia Roja di St Petersburg Stadium. Kala itu, Rusia berhasil selalu mengejar gol saat ketinggalan lebih dahulu.

Kerja keras memang harus dilakukan Rusia. Dalam sejarah pertemuan dengan Spanyol, mereka tak pernah meraih kemenangan. Dari 6 perjumpaan, Rusia kalah 4 kali dan imbang 2 kali tanpa pernah menang. Selain itu, di turnamen resmi, Rusia selalu kalah dari Spanyol. Bukan di Piala Dunia, melainkan di ajang Euro yakni Euro 2004 dan Euro 2008. Di Euro 2008, Rusia dua kali kalah dari Spanyol yakni di fase grup dan semifinal.

Sementara itu, Spanyol yang di atas kertas lebih diunggulkan enggan jemawa. Menurut gelandang David Silva, rekan-rekannya harus konsentrasi sepanjang laga. “Kami profesional. Kami hanya memikirkan bermain dan menampilkan kemampuan terbaik di lapangan. Kami tak memandang lawan mudah atau sulit. Kami harus konsentrasi karena satu kesalahan akan mengirim kami pulang,” sebut David Silva.

Pelatih La Furia Roja, Fernando Hierro, juga tak mau para pemainnya terlena dengan status unggulan. Menurutnya, Rusia bisa memberikan kejutan. “Kami harus bermain dengan gaya kami sendiri dan percaya bahwa kami punya kemampuan menang. Rusia bisa memberikan kesulitan apalagi ddidukung fans yang melimpah,” ujar Hierro.

Well, Spanyol memang berada di garis terdepan untuk melaju mengikuti langkah Prancis dan uruguay. Tapi, Rusia akan bermain membawa kehormatan tuan rumah. Laga nanti dipastikan akan sengit. Spanyol tak akan mudah untuk melewati adangan Rusia. (JPC)

  • Bagikan