Apresiasi Museum Jenang dan Gusjigang, Sujiwo Tejo: Semoga Bisa Simpan Banyak Informasi Kekhasan Kudus

  • Bagikan

KUDUS, RAKYATJATENG – Museum Jenang milik Mubarokfood terus menyedot perhatian banyak kalangan. Berbagai apresiasi melalui kunjungan dari para tokoh nasional pun memantapkan Museum Jenang ini sebagai salah satu wisata edukasi yang mampu berkontribusi lebih bagi masyarakat. Apresiasi tersebut antara lain dari Menag RI, Menristek Dikti RI, Kasi Penelitian Direktorat PTKI Kemenag RI, Noe Letto, dan beberapa tokoh budayawan lainnya.

Salah satu budayawan nasional yang turut memberikan apresiasi dalam kunjungannya ke Museum Jenang adalah Sujiwo Tejo. “Saya mengucapkan selamat kepada Mas Muhammad Hilmy yang telah membuka Museum Jenang Mubarok. Semoga museum ini bisa menyimpan banyak informasi kekhasan Kudus sebagai kota jenang, selain kota karikatur dan juga kotanya orang-orang terkaya di Indonesia,” tuturnya.

Berwisata saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi mayoritas kalangan masyarakat. Fenomena ini ditangkap oleh Mubarokfood dan mengolaborasikan wisata belanja dengan wisata edukasi dalam satu tempat.

Salah satu konten dalam Museum Jenang adalah gedung Gusjigang X-Building. Di dalamnya memuat berbagai konten edukasi tentang sejarah filosofi Gusjigang itu sendiri di Kudus dan biografi para tokoh Kudus, foto Rois ‘Aam Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PB NU dari masa ke masa, Ketua PP Muhammadiyah dari masa ke masa, visualisasi tari dan lagu Gusjigang, ruang kajian literasi kebudayaan Islam, karya kaligrafi seniman Kudus berprestasi nasional dan internasional, dan lain-lain.

Direktur Utama Mubarokfood Muhammad Hilmy berharap keberadaan Museum Jenang dan Gusjigang ini mampu menjadi salah satu destinasi wisata edukasi unggulan di Jawa Tengah. “Dalam rangka melestarikan budaya dan filosofi luhur warisan Sunan Kudus, yaitu Gusjigang,” paparnya. (ks/ris/aji/JPR/JPC)

  • Bagikan