Inilah 10 Resep Mujarab Agar Hidup Sehat Panjang Umur

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Setiap orang pasti ingin awet muda dan panjang umur. Karena itu, berbagai resep antipenuaan dini (antiaging) semakin marak. Dari mulai produk kecantikan hingga teknologi muktahir menawarkan berbagai resep agar tetap sehat panjang umur.

Tapi, tak perlu bahan-bahan kimia untuk awet muda. Kuncinya adalah hidup sehat dan disiplin. Salah satunya dengan memperbaiki pola makan, pola istirahat, dan berolahraga.

Dilansir dari Pop Sugar, Minggu (24/6), ada sepuluh cara mudah dan murah untuk tetap hidup sehat agar berumur panjang. Cara ini juga bisa mencegah seseorang dari berbagai penyakit.

 

  1. Pola Makan Tepat

Brokoli, kunyit, teh, jamur, stroberi dan aneka serat, ternyata dapat membantu tubuh tetap sehat dan panjang umur. Banyak mengonsumsi asupan makanan nabati dapat menurunkan kolesterol dan risiko kegemukan. Maka seseorang akan memiliki kehidupan yang lebih panjang

 

  1. Tak Terlalu Banyak Duduk

Duduk terlalu lama tak sehat. Apalagi di depan komputer. Maka lakukanlah hal aktif dengan bergerak, berdiri, dan berjalan. Sehingga tubuh akan lebih bugar.

 

  1. Kongkow Bareng Teman

Harvard membuktikan bahwa rahasia hidup panjang umur adalah dengan bahagia. Maka luangkan waktu untuk kongkow dengan teman sesekali.

 

  1. Jauhi Rokok

Rokok itu mengotori tubuh dan lingkungan. Apalagi bagai perokok pasif yang harus dipaksa menghirup asap rokok.

 

  1. Jauhi Alkohol

Alkohol adalah racun, dan membebani tubuh. Gula yang tinggi bisa berkontribusi pada penambahan berat badan yang tidak sehat, serta dapat memperpendek umur.

 

  1. Perhatikan Porsi

Kontrol ukuran porsi yang sehat. Jangan terlalu berlimpah agar disesuaikan dengan kebutuhan kalori. Batasi takarannya.

 

  1. Banyak Minum

Tubuh harus terhidrasi dengan baik. Sebab dehidrasi menyebabkan pembengkakan otak, kejang, dan gagal ginjal. Kurang minum juga membuat seseorang kurang fokus.

 

  1. Olahraga

Olahraga akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan membantu seseorang menjalani kehidupan panjang umur.

 

  1. Latihan Kekuatan

Selain olahraga standar, sebaiknya juga harus melatih kardio. Mulailah dengan beban kecil untuk menjalani hidup yang sehat.

 

  1. Tidur

Seseorang akan kurang fokus jika tidak cukup tidur. Kurang tidur dapat mempersingkat hidup dan meningkatkan risiko kematian.

(ika/JPC)

  • Bagikan